Sejarah April Mop

April Mop dirayakan setiap tahunnya pada tanggal 1 April. Dan tradisi ini telah berjalan diberbagai belahan dunia dengan berbagai budaya dan asal-usul yang berbeda.

Biasanya seorang yang bermain April Mop akan terlebih dahulu melempar isu bohong atau hoax bisa juga lelucon dan jebakan yang kemudian di akhir mereka akan berteriak "April Mop". Namun tahukah kita bagaimana asal usul April Mop sesungguhnya?

Apa Itu April Mop

article image

Image source: readersdigest.com

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, April Mop adalah sebuah tradisi di mana pada saat itu orang akan melempar lelucon, tipuan, bahkan jebakan pada orang lain. Pada akhir permainan yang mereka ciptakan, pelempar lelucon dan kebohongan akan berteriak lantang menyebut "April Mop" pada korban mereka.

Kebiasaan itu yang kemudian terus dilakukan dan bahkan sudah menyebar di mana-mana. Namun perlukah itu dirayakan? Mungkin kamu punya alasan sendiri setuju atau tidak setuju dengan April Mop ini

Sejarah April Mop

article image

Image source: history.com

April Mop biasa dirayakan pada tanggal 1 April setiap tahunnya. Pada 1561 seorang penyair Flemish pernah menulis beberapa syair lucu tentang seorang bangsawan yang mengirim pelayannya bolak-balik untuk tugas yang menggelikan dalam persiapan pesta pernikahan. Puisi yang dibuat itu diberi judul “Menahan diri pada hari tugas / yang pertama di bulan April”.

Kamudian, penyebutan April Mop untuk pertama kalinya di Inggris terjadi pada 1686, tepatnya ketika penulis biografi John Aubrey menggambarkan tanggal 1 April sebagai "Fooles holy day." Lalu pada 1600-an mulailah kebiasaan orang terbentuk dan awal seseorang menyuruh seseorang melakukan hal tidak jelas marak di Eropa.

Pada 1 April 1698 juga banyak kejadian buruk, dimana orang-orang tertipu lalu pergi ke Menara London untuk menyaksikkan acara washing oh the lion, sebuah acara yang sesungguhnya tidak pernah ada.

Perlukah April Mop Dirayakan?

article image

Image source: inews.com

April Mop bukanlah hari besar seperti Hari Ibu atau Hari Anak, ini hanyalah hiburan yang secara teknis dianggap sebagai free day. Yang mana banyak orang saling melempar lelucon dan tipuan.

Saking sering terjadinya lelucon di awal April, akhirnya banyak orang menyebut jika tanggal 1 April sebagai April Fools' Day. Misalnya, Prancis merayakan April Mop pada 1 April dengan menempelkan ikan kertas ke punggung orang sebanyak mungkin, sambil meneriakkan "Poisson d'Avril!"

Sedangkan di Yunani, seseorang berhasil menipu orang lain pada hari tersebut. Di beberapa bagian negara, curah hujan pada tanggal 1 April dikatakan memiliki kekuatan healing atau penghilang stres.

Di Indonesia bagaimana? Mungkin kita bisa lebih bijak dalam merayakan April Mop. Jangan sampai menyakiti dan merugikan orang lain. Melempar lelucon tidak ada masalah namun jika sampai menipu dan berujung merugikan mungkin itu tidak pantas disebut April Mop ya.

Malls

Articles

Featured Image source: timesnownews.com