Tradisi Perayaan Tahun Baru

Apa yang kamu lakukan saat perayaan Tahun Baru 2022 kemarin? Menyalakan kembang api atau sekedar kumpul keluarga dan barbeque-an?

Ternyata di 9 negara ini memiliki tradisi perayaan Tahun Baru yang menarik lho. Budaya yang mereka lakukan ini sangat unik sampai-sampai banyak yang menyorot.

Apa saja ya?

1. Spanyol

article image

Image source: scollert.com

Negara ini memiliki tradisi untuk makan 12 buah anggur. Satu akan dimakan setiap jam pada tengah malam pada Malam Tahun Baru.

Setiap anggur melambangkan keberuntungan untuk satu bulan di tahun yang akan datang. Kota besar seperti Madrid dan Barcelona, orang juga berkumpul di pusat kota untuk makan anggur bersama dan membagikan botol cava.

2. Kolumbia

article image

Image source: blushin.com

Tidak seperti di Spanyol, di Kolombia biasa menghabiskan pergantian Tahun Baru dengan perjalanan. Penduduk Kolombia akan membawa koper kosong di sekitar rumah.

Terdengar aneh mungkin, namun tradisi ini masih dijalankan hingga kini.

3. Denmark

article image

Image source: brainberries.com

Penduduk Denmark menyambut pergantian Tahun Baru dengan melemparkan piring dan gelas tua ke pintu atau dinding. Pecahan kaca dari piring dan gelas tersebut diyakini dapat membawa keberuntungan.

Menurut kepercayaan, semakin banyak piring atau gelas yang dipecahkan maka akan semakin banyak pula keberuntungan yang didapatkan.

4. Finlandia

article image

Image source: scandinavianinterlude.com

Orang Finlandia biasa memprediksi tahun yang akan datang dengan menuang timah cair kedalam wadah berisi air. Ketika loga mulai mengeras, mereka kemudian menafsirkan bentuknya.

Apabila bentuknya hati atau cincin, maka melambangkan pernikahan dan cinta. Sementara jika berbentuk kapal diprediksi perjalanan. Dan masih banyak lagi.

5. Panama

article image

Image source: lifeberries.com

Di Panama lebih unik lagi. Mereka biasanya mengusir roh jahat untuk memulai perjalanan Tahun Baru. Tradisi ini dilakukan dengan membakar patung orang terkenal, misalnya karakter televisi atau pun tokoh politik.

Patung-patung tersebut sebagai gambaran dari tahun yang lama.

6. Skotlandia

article image

Image source: pinterest.com

Selama malam pergantian Tahun Baru masyarakat Skotlandia selalu mengadakan tradisi “first footing”. Artinya orang pertama yang melewati ambang pintu rumah di Tahun Baru harus membawa hadiah keberuntungan.

Orang Skotlandia juga mengadakan upacara api unggun di mana orang-orang berparade sambil mengayunkan bola api raksasa di tiang. Tradisi ini dianggap sebagai simbol matahari yang dapat menyucikan tahun yang akan datang.

7. Filipina

article image

Image source: blandspace.com

Masyarakat Filipina memiliki tradisi yang sederhana. Mereka biasa menyambut pergantian tahun dengan makan 12 buah bulat. Apa pun itu asalkan bulat.

Mereka menggunakan buah bulat sebagai perlambangan koin yang digunakan untuk menunjukkan kemakmuran dan kelimpahan.

8. Irlandia

article image

Image source: travel.earth.com

Seperti halnya di Panama, masyarakat Irlandia menyambut perayaan Tahun Baru dengan mengusir roh jahat yang mengintai di setiap sudut rumah. Tradisi unik ini dimulai sebelum Tahun Baru.

Biasanya mereka mempraktikkan budaya ini dengan membanting roti ke dinding rumah. Dengan cara ini masyarakat Irlandia percaya dapat mengusir nasib buruk dan membawa kemakmuran.

9. Brazil

article image

Image source:

Brazil dan beberapa negara di Amerika Tengah dan Selatan seperti Ekuador, Bolivia, dan Venezuela merayakan malam pergantian tahun dengan mengenakan pakaian khusus.

Mereka biasanya memilih warna yang paling populer, merah yang dianggap membawa cinta di tahun yang baru, dan kuning sebagai lambang kemakmuran atau membawa rejeki.

Kalau kamu sendiri, apa tradisi yang biasa dilakukan di rumah saat perayaan malam Tahun Baru?

Malls

Articles