Transformasi Penampilan Spider-Man dari Waktu ke Waktu

Pada 1962, mendiang Stan Lee bersama Steve Ditko menciptakan sosok superhero baru dalam serial komik yang kemudian batal diterbitkan. Namun siapa sangka jika kemudian karakter superhero laba-laba berwarna merah dan biru ini menjelma menjadi salah satu karakter superhero paling ikonis dan populer di dunia. Siapa lagi kalau bukan Spider-Man! Dengan kostum bernuansa merah biru serta topeng bermata lebarnya, Spidey telah malang melintang di dunia komik selama lima dekade terakhir. Sepanjang perjalanannya, si manusia laba-laba ini pun sempat beberapa kali berganti penampilan, sebelum akhirnya mendapat kostum besi canggih dari Tony Stark.

Spider-Man 1962

article image

Image credit: comics alliance

Inilah kostum Spider-Man pertama yang didesain oleh Steve Ditko dalam Amazing Fantasy #15. Kostum ini sempat didesain ulang hingga akhirnya berwarna merah-hitam dengan tambahan siluet biru. Kostum ini juga yang menjadi cikal bakal ikon Spider-Man hingga saat ini. Kalau kita perhatikan, kostum ini memiliki jaring sayap di area ketiaknya.

Spider-Man 1966

article image

Image credit: HalloweenAlley

Pada 1966, John Romita mengubah warna kostum Spider-Man dari merah-hitam menjadi merah-biru. Warna kostum inilah yang kemudian menjadi ikon Spider-Man seperti yang kita kenal sekarang. Tetapi, dalam kostum ini Spider-Man tidak lagi menggunakan jaring sayap seperti sebelumnya.

Spiderman Symbiote (1984)

article image

Image credit: andventuresinpoortaste

Kostum ini lahir dari ide seorang fans bernama Randy Schueller yang diberikan kepada editor Marvel pada masanya, yaitu Jim Shooter. Schueller menyerahkan konsep kostum buatannya itu ke ilustrator Mike Zeck dan Rick Leonardi untuk didesain lebih lanjut. Kostum ini pertama kali muncul dalam serial “Marvel Super Heroes: Secret Wars #8”.

Captain Universe (1989)

article image

Image credit: devianart

Spider-Man mengalami suatu kecelakaan di dalam sebuah laboratorium, secara tidak disengaja dia malah berubah menjadi manifestasi dari kekuatan Uni-Power. Dengan kekuatan ini, kapasitas kemampuan Spidey juga ikut meningkat, bahkan dia bisa terbang, menggunakan telekinesis, dan lain-lain. Kekuatan Uni-Power juga ikut mempengaruhi kostum Spider-Man menjadi berwarna putih hitam dengan motif galaksi di bagian atas.

Spider-Man 2099

article image

Image credit: pinterest

Kostum Spider-Man 2099 ini tidak digunakan oleh Peter Parker, tapi oleh Miguel O'Hara yang menjadi Spider-Man karena mengalami kecelakaan di laboratorium. Kostum ini benar-benar beda dengan desain kostum sebelumnya. Kostum Spider-Man 2099 didominasi oleh warna hitam dengan siluet biru, dengan simbol tengkorak laba-laba merah. Kuku Spidey juga terlihat lebih tajam dengan struktur tulang runcing mencuat dari bagian lengan.

Trilogi Spider-Man 2002

article image

Image credit: denofgeek

Dalam versi layar lebar, desain kostum Spider-Man ditangani oleh James Acheson. Di sinilah kostum original Spider-Man yang sudah didesain sejak awal mulai digunakan lagi. Kostum ini dipenuhi pola jaring dari bagian kaki, badan, tangan, hingga kepala. Hanya saja ukuran matanya dibuat lebih kecil dari biasanya, dan kostum original ini masih akan mengalami perubahan.

Spider-Man Noir

article image

Image credit: heyuguys

Kisah Spider-Man Noir agak berbeda dengan versi-versi lainnya. Dia hidup tengah-tengah depresi ekonomi di Amerika pada tahun 1930-an. Sekilas, kostum ini justru lebih mirip dengan jubah mafia, dengan tambahan topeng hitam dan kacamata. Spider-Man Noir tidak memiliki jaring laba-laba seperti biasanya, dia juga tidak mampu memanjat dan hanya memiliki sepasang pistol.

Spider UK

article image

Image credit: comicvine

Spider UK pertama kali muncul dalam Edge of Spider-Verse #2 tahun 2014. Sesuai dengan namanya, kostum Spider UK memiliki nuansa British yang cukup kentara. Dengan warna merah biru yang mendominasi, serta potongan simbol bendera Kerajaan Inggris di bagian atas, kostum ini sangat merepresentasikan British Spider-Man.

Superior Spider-Man

article image

Image credit: thecomicmint

Spidey dan Doctor Octopus terlibat pertarungan hebat hingga membuat sang dokter hampir tewas. Di saat-saat terakhir, Doctor Oc memilih untuk kembali ke jalan yang benar, dia pun menanamkan pikirannya ke tubuh Spidey. Setelah itu, Doctor Oc berubah menjadi Spider-Man dan membuat kostumnya sendiri dengan tambahan empat cakar besar di bagian punggungnya, mirip seperti yang kita temukan di “Avengers: Infinity War”.

Assassin Spider-Man

article image

Image credit: comicvine

Assassin Spider-Man adalah sosok Peter Parker dari Earth-8351. Dia bekerja sama dengan Wolverine dalam aksinya. Assassin Spider-Man juga dikatakan memiliki hubungan dengan Spider-Man Noir. Spidey mengenakan kostum berwarna merah di bagian atas, dan warna hitam di tubuh bagian bawah.

Amazing Spider-Man

article image

Image credit: devianart

Dalam “Amazing Spider-Man”, Peter Parker yang diperankan Andrew Garfield mengenakan kostum klasik Spider-Man. Jika diperhatikan sekilas, kostum ini tampak tak banyak berubah, hanya saja simbol laba-laba di bagian dada yang terlihat lebih besar.

Koleksi salah satu dari action figure superhero ini.

Action Figure Spiderman

article image

Beli Sekarang

Spider-Man: Homecoming

article image

Image credit: filmschoolrejects

Setelah sempat absen sekian lama, Spider-Man hadir kembali dengan kostum terbarunya yang terlihat lebih segar. Kostum ini juga sempat muncul dalam “Captain America: Civil War” dan selanjutnya dalam “Spider-Man: Homecoming”. Kostum ini dia dapatkan dari Tony Stark, dengan tambahan fitur-fitur teknologi canggih seperti pada kostum Iron Man.

Infinity War

article image

Image credit: aliexpress

Saat Peter Parker nyaris jatuh dari langit saat sedang mengejar seorang villain, Iron Man datang memberikan bantuan. Peter Parker mendapat bantuan berupa kostum besi canggih buatan Tony Stark. Kostum ini memiliki motif laba-laba yang cukup dominan, dengan tema warna baru yaitu merah hitam keemasan.


Dari sekian kostum Spider-Man di atas, kira-kira mana yang menjadi favorit kamu? Apakah kamu lebih suka kostum lama atau yang terbaru? Ikuti terus informasi-informasi menarik seputar superhero Marvel hanya di Gotomalls.com! Platform direktori shopping pertama dan terbesar di Indonesia menyediakan informasi terlengkap semua yang ada di mall mulai dari merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event.

Products

Dapatkan action figure dari superhero Marvel di toko mainan di mal terdekat di kota kamu.

Brands

Articles

Malls

featured image: imitate modern