Inilah Urutan Skincare yang Tepat Untuk Wajah Pria

Siapa bilang pria tidak membutuhkan perawatan wajah? Sama seperti wanita, tentunya pria menginginkan wajah yang mulus, bebas jerawat, dan tidak kusam. Namun kebanyakan pria enggan untuk menjalani aturan skincare panjang yang sering dilakukan kaum wanita. Biasanya pria menginginkan cara yang lebih simpel namun tetap memberikan hasil terbaik. Pada kali ini, akan dibahas lebih detail soal perawatan kulit terbaik pria yang bisa dilakukan seperti urutan skincare yang tepat dan bisa dilakukan bagi pria.

Facial Wash

article image

Image source: blibli.com

Baik pria maupun wanita, facial wash menjadi salah satu urutan skincare yang tidak boleh terlewatkan. Namun yang perlu kamu pahami adalah kebutuhan kulit wanita dan pria berbeda, begitu pula dengan facial wash yang digunakan. Mengingat pria mempunyai gaya hidup lebih aktif dan sering beraktivitas hingga berkeringat membuat wajahnya jadi rentan terkena jerawat. Karena itulah tak heran jika banyak produk facial wash pria yang memiliki varian muka berminyak dan berjerawat.

Namun untuk sabun muka pria yang terbaik adalah yang mampu mengangkat segala kotoran, debu, dan minyak yang menempel pada wajah secara sempurna. Apalagi bagi kamu pemilik kulit berminyak, gunakan sabun muka dengan kandungan scrub untuk membantu mengangkat kotoran hingga ke dalam pori-pori kulit. Biasakan untuk mencuci muka dua kali sehari, terutama sebelum akan tidur.

Face Toner

article image

Image source: mas-kulin.com

Setelah bersih mencuci muka, maka lanjutkan urutan skincare selanjutnya dengan menggunakan face toner. Fungsi toner ini adalah agar kulit wajah kembali segar, mengembalikan pH kulit setelah mencuci muka agar tidak terlalu kering, serta mengangkat sel-sel kulit yang mati. Untuk penggunaan face toner bisa menggunakan kapas, cukup tuangkan face toner pada kapas dan tepuk-tepukan pada wajah secara perlahan.

Serum

article image

Image source: mas-kulin.com

Untuk perawatan yang satu ini bisa kamu lakukan maupun tidak tergantung dari kondisi dan kebutuhan kulit. Serum mirip seperti moisturizer namun memiliki tekstur cairan yang lebih padat. Serum mempunyai kandungan berbagai macam bahan-bahan aktif seperti vitamin dan antioksidan yang dapat merawat kulit agar tetap sehat dan lembap. Kandungan di dalam serum pun juga sangat mudah diserap. Biasanya serum dibutuhkan sebagai skincare yang lebih berkonsentrasi dalam mengatasi permasalahan wajah tertentu, seperti jerawat, kusam, maupun tanda-tanda penuaan dini.

Baca juga artikel lainnya tentang skincare di bawah ini.

Articles

Moisturizer

article image

Image source: suara.com

Penting pula bagi pria untuk menggunakan moisturizer ke dalam tahapan skincare yang dimilikinya. Fungsi pelembap adalah untuk menghidrasi serta mengontrol kadar minyak dan air di wajah. untuk penggunaan pelembap dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi kulit. Jika kamu memiliki wajah yang berminyak, jangan terlalu banyak menggunakan pelembap. Sedangkan untuk pemilik kulit yang kering, tentunya akan sangat disarankan untuk menggunakan pelembap setiap harinya, pada pagi maupun malam hari sebagai step terakhir. Sekedar tips agar moisturizer yang kamu gunakan bisa cepat meresap dan bekerja baik, lakukan pijatan saat mengaplikasikan produk ini sehingga membantu sirkulasi darah di wajah jadi lebih lancar.

Dapatkan rekomendasi moisturizer untuk pria.

Ponds Men Acne Solution Cream Moisturizer 20 ML

article image

Beli Sekarang

Sunscreen

article image

Image source: dream.co.id

Produk yang satu ini akan sangat berguna jika kamu sering kali beraktivitas di luar ruangan dan sering terkena paparan sinar matahari. Sunscreen akan melindungi kulit dari bahaya paparan sinar matahari yang dapat merusak lapisan kulit jika terpapar secara langsung. Perlu kamu ketahui jika sinar matahari memiliki kandungan UV A dan UV B, yang aman bisa merusak sel kulit, menyebabkan kanker kulit, membuat kulit tampak kusam, hingga menyebabkan sunburn. Kamu bisa memilih sunscreen yang cocok untuk kebutuhan kulitmu. Untuk pengaplikasian sunscreen bisa dilakukan pada pagi hari setelah menggunakan pelembap. Minimal gunakan sunscreen 15 menit sebelum beraktivitas di luar ruangan. Jadi kulit akan terlindungi dan skincare-skincare yang kamu gunakan juga bekerja dengan baik.

Masker

article image

Image source: yukepo.com

Untuk penggunaan masker ke dalam urutan skincare sebenarnya sangat optional. Biasanya hanya dilakukan pada malam hari. Namun perawatan ini termasuk ke perawatan dasar yang bisa dilakukan mingguan. Masker wajah akan sangat membantu proses regenerasi sel-sel kulit lebih cepat dan membantu meremajakan kulit. Untuk produk masker wajah yang ingin kamu gunakan bisa disesuaikan dengan jenis kulit. Karena ada banyak produk masker wajah yang ada di pasaran, mulai dari masker wajah untuk kulit yang berminyak dan berjerawat, masker untuk melembapkan wajah, masker untuk mengatasi kulit kusam, mengatasi kerutan, dan masih banyak lainnya. Idealnya masker bisa digunakan seminggu sekali, namun tergantung juga dari kondisi dan kebutuhan kulit wajahmu.

Shaving Cream

article image

Image source: groomandstyle.com

Tentunya ini tak bisa terlewatkan dari urutan skincare dasar pria yang wajib dimiliki, mengingat bercukur merupakan salah satu aktivitas yang selalu dilakukan pria. Penggunaan shaving cream tak hanya akan membantu bercukur jadi lebih mudah. Namun juga melembapkan wajah sehingga membuatnya jadi terasa lembut dan halus setelah bercukur.


Mungkin sebagian besar pria akan menganggap penggunaan skincare terkesan ribet sehingga membuatnya malas menggunakannya. Padahal jika kamu ingin mempunyai kulit yang sehat, tentunya butuh usaha. Kamu tak perlu menggunakan skincare berbagai macam dan banyak, cukup gunakan skincare dasar yang sesuai dengan kondisi kulit.

Temukan produk-produk skincare terlengkap di GoToMalls.com. GoToMalls adalah aplikasi berbasis website yang menyediakan informasi terlengkap semua yang ada di mall mulai dari merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event.

Brands

Malls

featured image source: mas-kulin.com