Wisata Kebun Binatang Terbaik di Indonesia

Sebagai negara beriklim tropis dengan kondisi geografis yang dihimpit oleh dua samudra dan dua benua, Indonesia dianugerahi kekayaan fauna yang sangat beragam dan unik. Jika dibandingkan bioma lain, fauna di negara tropis seperti Indonesia merupakan yang paling variatif.

Kekayaan fauna di Indonesia tidak cuma menarik menurut kacamata para akademisi dan peneliti. Di kalangan wisatawan, melihat penampakan hewan-hewan ekostis merupakan sesuatu yang layak diperjuangkan.

Lantas, di mana saja tempat terbaik untuk melihat hewan-hewan eksotis nan cantik itu? Mari kita simak daftar di bawah ini:

1. Batu Secret Zoo - Malang

article image

Image source: jatimparkgroup.blok-a.com

Kebun binatang Batu Secret Zoo termasuk salah satu bagian dari Jatim Park 2 yang berdiri di atas lahan sekira 14 hektar. Batu Secret Zoo merupakan tempat wisata, sarana edukasi, dan salah satu tempat konservasi satwa modern terbesar di Indonesia. Lebih dari itu, Forbes pernah menyebut Batu Secret Zoo sebagai kebun binatang terabaik se-ASEAN.

Di sana pengunjung bisa menikmati aneka suguhan hiburan dan pengalaman melihat dari dekat berbagai jenis satwa yang berasal dari berbagai belahan dunia, termasuk satwa khas Hutan Tropis.

Beberapa satwa langka yang bisa kita lihat yaitu Colobus Monkey, trenggiling raksasa, Black Lemur, dan masih banyak lagi. Satwa-satwa ditempatkan di beberapa zona terpisah, mulai dari Reptile Garden, Tiger Land, Savannah, Aquarium, dan African Market. Selain zona konservasi, kebun binatang ini juga dilengkapi dengan 20 wahana permainan di Fantasy Island.

2. Taman Safari Indonesia - Bogor

article image

Image source: posbagus.com

Taman Safari Indonesia yang tertelak di Desa Cibeureum, Kecamatan Cisarua, Kota Bogor, merupakan salah satu kebun binatang kelas dunia yang lebih dari sekadar tempat rekreasi, melainkan situs konservasi satwa terbaik di Indonesia.

Taman Safari Indonesia memiliki nuansa asri dengan 5.000 jenis pohon yang mengelilingi areanya, dimana lebih dari 2.500 jenis satwa bernaung di tempat ini. Kebun binatang ini juga sudah dikenal luas sebagai salah satu destinasi wisata favorit bersama keluarga.

Koleksi satwa langka yang ditempatkan di kebun binatang ini yaitu komodo, harimau benggala, singa, jerapah, orang utan, gajah, anoa, dan lain sebagainya. Sama seperti Batu Secret Zoo, Taman Safari Indonesia juga menempatkan satwa-satwanya di area khusus secara terpisah.

3. Bali Zoo Park - Bali

article image

Image source: balitripholidays.wordpress.com

Selain terkenal dengan pantai-pantai eksotis yang cantik, di Bali juga terdapat salah satu kebun binatang unggulan yang cocok untuk sarana rekreasi dan edukasi, yaitu Bali Zoo Park.

Koleksi satwa langka di Bali Zoo Park juga tak kalah lengkap dengan kebun binatang besar lainnya. Di sana kamu bisa menjumpai Burung Merak, Kasuari, Jalak Bali, Elang, Singa Afrika, Harimau Sumatera, hingga satwa-satwa unik seperti Lutung Jawa, Sunda Slow Loris, Buffy Fish Owl, dan masih banyak lagi.

Selain itu, Bali Zoo Park menawarkan pengalaman istimewa bagi wisatawan yang ingin sarapan bersama para Orang Utan, melihat hewan-hewan nokturnal di malam hari, hingga pengalaman menaiki kuda poni untuk anak-anak.

4. Kebun Binatang Pematang Siantar - Medan

article image

Image source: Pantau.com

Kebun Binatang Pematang Siantar adalah salah satu kebun binatang dengan koleksi terlengkap di Indonesia. Koleksi satwa di sini meliputi lebih dari 200 ekor mamalia dari 51 spesies berbeda, 113 spesies aves berjumlah 400+ ekor, 19 spesies reptil sebanyak 50+ ekor, dengan total jumlah satwa yang bisa terus meningkat seiring waktu.

Beberapa satwa yang paling menarik perhatian di kebun binatang ini adalah Harimau Putih dan Harimau Sumatera yang notabene satwa langka di Indonesia, bahkan keduanya sudah masuk ke dalam kategori hampir punah. Selain itu, pengunjung juga bisa melihat penampakan salah satu buaya tertua yang tercatat di kebun binatang Indonesia.

Selain sebagai tempat rekreasi, kebun binatang ini menaungi pusat karantina, rumah sakit hewan, kita juga bisa melihat satwa-satwa yang sudah diawetkan di Museum Zoologi.

5. Kebun Binatang Ragunan - Jakarta

article image

Image source: sinarharapan.co

Kebun Binatang Ragunan sudah cukup populer sebagai salah satu tujuan wisata keluarga favorit warga ibukota. Ragunan berlokasi di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, dengan luas area sekira 147 hektar.

Adapun koleksi satwa di kebun binatang ini berjumlah lebih dari 295 spesies dengan 4040 spesimen meliputi mamalia, aves, dan reptil. Masing-masing ditempatkan di zona berbeda sesuai karakteristik habitat aslinya.

Ragunan juga menaungi pusat konservasi primata di Indonesia, yaitu Schmutzer Primate Centre. Selain itu, Kebun Binatang ini kerap menjadi pilihan warga Jakarta untuk lokasi jogging sambil menikmati pemandangan lingkungannya yang indah.

Untuk mendapatkan info dan tips menarik lainnya, simak terus update artikel terbaru dari Gotomalls.com, platform direktori shopping terbesar di Indonesia yang menyediakan informasi terlengkap seputar promo, diskon, voucher belanja, dan berbagai penawaran menarik di pusat perbelanjaan terdekat di kotamu!

Malls

Articles

Featured image source: tiket.com