Cara Membuat Kulit Lumpia Anti Sobek

Lumpia menjadi salah satu camilan atau jajanan yang cukup terkenal di Indonesia. Bahkan kamu bisa mudah menemukannya, mulai dari di toko kue, mall, pinggiran jalan, bahkan dijual keliling. Lumpia atau spring roll ini merupakan jajanan tradisional dengan pengaruh budaya dari Tionghoa. Jajanan ini menggunakan lembaran tipis yang berbahan dasar tepung gandum sebagai kulit pembungkus dan diberikan berbagai isian seperti rebung, sayuran segar, seafood, daging, udang, telur, dan masih banyak lainnya.

Jika biasanya kamu membelinya di luar, mengapa tidak mencoba membuat lumpia sendiri di rumah? Sebenarnya kesulitan dalam membuat lumpia adalah bagaimana membentuk kulit yang tipis dan tidak sobek. Nah berikut ini akan dijelaskan tips mengenai cara membuat kulit lumpia anti sobek yang dijamin tidak gagal.

Buat Adonan dan Aduk Secara Merata

article image

Image source: kaskus.co.id

Ketika membuat kulit lumpia, tentunya kamu ingin membuatnya gurih sekaligus crispy bukan? Karena itulah kamu tidak boleh sembarangan dalam mencampurkan adonan. Untuk membuat adonan kulit lumpia, bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain adalah tepung terigu, air, putih telur, dan garam.

Pertama-tama, cara membuat kulit lumpia adalah dengan mencampurkan tepung terigu dan garam. Setelah itu barulah kamu bisa memasukkan putih telur. Ketiga bahan tersebut diaduk hingga merata dan tuangkan air matang sedikit demi sedikit. Penting untuk diingat saat menambahkan air, pastikan untuk tetap mengaduk adonan. Jika adonan sudah benar-benar tercampur merata barulah kamu bisa melanjutkan ke tahapan selanjutnya. Jadi tips untuk membuat adonan kulit lumpia anti gagal, pastikan untuk adonan bahan-bahan sudah tercampur merata sehingga hasilnya akan lebih bagus.

Gunakan Teflon Datar Anti Lengket

article image

Image source: resepmami.info

Tips lainnya agar kulit lumpia yang kamu buat berhasil, tipis, dan anti sobek adalah dengan menggunakan wajan yang datar dan anti lengket. Pastikan juga permukaannya telah dilapisi bahan anti lengket. Oleskan sedikit minyak atau mentega pada permukaan wajah. Ini akan meminimalkan risiko jika adonan kulit lumpia yang dibuat nanti menjadi lengket. Jika kamu tak ingin repot dengan terus menerus mengolesi wajan menggunakan minyak, kamu bisa langsung menambahkan minyak di dalam adonan kulit lumpia. Tak perlu banyak-banyak, sekitar 2 sdm minyak saja sudah cukup dan jangan lupa aduk merata.

Jangan Buat Terlalu Tebal

article image

Image source: kuka.co.id

Keberhasilan dari pembuatan kulit lumpia juga bisa ditentukan dari tebal atau tipisnya lapisan kulit. Jika terlalu tebal, tentu saja kulit lumpia yang dihasilkan jadi kurang nikmat saat dimakan dengan tumpukan kulit pada semua sisinya. Begitu pula jika terlalu tipis, maka kulit jadi mudah robek saat dilipat. Pastikan jika ketebalan kulit lumpia haruslah pas. Agak sulit mungkin bagi kamu yang masih pemula menentukan seberapa ketebalan yang pas untuk kulit lumpia. Namun ini akan mudah setelah beberapa kali mencoba.

Setelah dirasa teflon telah panas, tuangkan adonan kulit lumpia menggunakan takaran tertentu. Setelah itu segera putar teflon atau wajah sehingga adonan bisa rata mengelilinginya. Ingat, kamu harus cepat ketika melakukan gerakan memutar ini karena adonan yang telah menyentuh teflon yang panas maka akan sangat cepat memadat dan matang. Jadi pastikan untuk berhati-hati saat memasak kulit lumpia ini.

Cek resep lainnya di bawah ini:

Articles

Gunakan Api Kecil

article image

Image source: mmamir38.wordpress.com

Dalam cara membuat kulit lumpia anti sobek lainnya yang harus diperhatikan adalah besar kecilnya api yang akan digunakan. Karena adonan kulit lumpia akan sangat cepat matang, maka usahakan untuk menggunakan api yang kecil sehingga matangnya bisa merata. Kulit lumpia yang telah matang akan terlihat mengering pada bagian pinggirannya. Selain itu, pinggiran kulit lumpia juga terkelupas dan membuat kamu mudah mengambilnya. Pastikan tingkat kematangan pas, jangan sampai masih mentah atau gosong. Setelah kematangannya pas, kamu bisa segera langsung mengangkat dan meniriskan kulit lumpia tersebut.

Bisa Digunakan Untuk Lumpia Basah Dan Lumpia Kering

article image

Image source: tokopedia.com

Resep kulit lumpia di atas bisa kamu gunakan baik untuk pembuatan lumpia basah dan lumpia kering. Tentu saja keduanya memiliki pembuatan yang berbeda. Untuk lumpia basah, kulit lumpia yang telah matang bisa langsung diisi menggunakan isian yang telah disiapkan dan kemudian langsung disajikan. Sedangkan untuk lumpia kering, tentunya harus digoreng hingga berwarna kecokelatan dan baru disajikan.


Mudah bukan membuat kulit lumpia? Namun kamu tetap harus berhati-hati saat membuat kulit lumpia ini agar hasilnya tipis, tidak mudah sobek dan matang merata. Pastikan kamu benar-benar mengikuti trik yang telah dijelaskan sebelumnya agar menghasilkan kulit lumpia yang benar-benar bagus. Cek juga Gotomalls.com, aplikasi yang menyediakan informasi terlengkap semua yang ada di mall mulai dari merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event.

Brands

Malls

featured image source: usaharumahan.id