Daftar Menu Diet Sehat dan Murah

Masa pandemi dan beraktivitas dari rumah memberikan banyak manfaat mulai dari rajin berolahraga hingga diet sehat dengan menjaga asupan makanan. Diet tak melulu harus diartikan untuk menurunkan berat badan atau mengurangi porsi makan secara drastis. Namun, diet bisa juga dengan mengubah pola makan atau isi piring dengan asupan nutrisi yang seimbang untuk menjaga kesehatan tubuh agar terhindar dari berbagai penyakit di cuaca apa pun. Bagi kamu yang ingin mencoba diet, yuk intip daftar menu diet sehat dan murah yang bisa kamu jadikan referensi.

Roti Gandum atau Oatmeal

article image

Image source: alodokter.com

Diet bukan berarti menghapus karbohidrat dari menu makan setiap harinya tapi kamu bisa memilih karbohidrat yang pas untuk diet. Daftar menu diet sehat dan murah yang bisa kamu coba adalah sarapan dengan menggunakan roti gandum utuh atau oatmeal. Kamu yang terbiasa sarapan dengan nasi bisa beralih ke roti gandum yang baik untuk kesehatan. Dengan mengonsumsi roti gandum utuh atau oatmeal kamu bisa merasa kenyang lebih lama, rendah kalori dan juga lemak, serta baik untuk pencernaan. Selain itu, bisa menurunkan berbagai risiko penyakit kritis seperti jantung, stroke maupun diabetes. Kamu bisa membuat sarapan dari roti gandum utuh ataupun oatmeal yang dipadukan dengan selai kacang atau oatmeal dengan irisan buah.

Telur

article image

Image source: fimela.com

Daftar menu diet sehat dan murah yang bisa kamu konsumsi adalah telur. Telur memiliki sumber protein yang tinggi dan sumber energi sehingga bisa membuat kamu merasa kenyang lebih lama, dan bonusnya juga mampu menurunkan berat badan. Kamu bisa mengolah telur sesuai dengan selera dan menggabungkan dengan makanan lain seperti sayur ataupun roti gandum sebagai menu sarapan. Bagi yang sedang diet untuk turunkan berat badan baiknya mengonsumsi putih telurnya saja.

Buah-Buahan

article image

Image source: daya.id

Buah-buahan seperti pepaya, pisang, apel, alpukat dan semangka adalah beberapa jenis buah yang mudah dijumpai dan harganya sangat terjangkau. Kamu bisa memasukkan buah dalam daftar menu diet sehat dan murah untuk menjaga kesehatan. Buah memiliki kandungan nutrisi, vitamin, serat dan gula alami yang semuanya baik bagi tubuh. Selain itu buah memberikan kamu energi dan membuat rasa kenyang lebih lama. Kamu bisa mengonsumsinya dengan membuat jus, smoothies ataupun salad buah dicampur dengan yoghurt. Jika belum punya blender, cek produk di bawah ini:

Cosmos CB 522 Blender On The Go CB522

article image

Beli Sekarang

Yoghurt

article image

Image source: verywellfit.com

Yoghurt adalah salah satu menu diet sehat yang bisa kamu konsumsi dengan harga yang terjangkau. Ini adalah makanan rendah lemak yang mengandung kalsium dan protein yang tinggi dan baik untuk kesehatan. Dengan mengonsumsi yoghurt banyak manfaat yang bisa kamu dapat seperti melancarkan pencernaan, menurunkan nafsu makan, menurunkan berat badan. Bagi kamu yang sedang diet pilihlah yoghurt plain.

Sayuran

article image

Image source: liputan6.com

Selain buah tentu menu diet sehat dan murah adalah sayur. Sayur-sayur seperti kembang kol, bayam, dan mentimun adalah beberapa di antaranya yang baik untuk kesehatan. Kembang kol memiliki kandungan nutrisi, rendah kalori, tinggi serat yang baik untuk tubuh. Kamu bisa mengolah kembang kol dengan berbagai cara mulai dari sup, omelette, salada dan masih banyak lagi. Sedangkan sayur bayam adalah sumber zat besi yang baik bagi tubuh dan juga kaya akan serat. Mentimun memiliki kandungan air yang banyak bisa untuk menurunkan kadar lemak dan menyehatkan tubuh. Kamu bisa memakannya begitu saja, dibuat jus dan masuk dalam salad. Semua sayuran baik untuk tubuh dan kesehatan jadi tidak perlu ragu untuk mengonsumsinya.

Teh Hijau

article image

Image source: alodokter.com

Selain makanan-makanan diet yang sudah disebut di atas, teh hijau juga wajib masuk daftar menu diet sehat dan murah. Selain memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, teh hijau sangat cocok untuk kamu yang sedang menjalani diet sehat karena minuman ini bisa mempercepat proses pembakaran lemak di dalam tubuh. Asal diimbangi juga dengan mengurangi makanan-makanan yang berlemak. Beberapa hal yang perlu diperhatikan jangan mencampur gula, madu, jeruk nipis dengan teh hijau ya!

Products


Itulah beberapa daftar menu diet sehat dan murah yang bisa kamu konsumsi sehari-hari. Semuanya bisa kamu makan selama itu memenuhi nutrisi dalam tubuh dan tidak berlebihan dalam mengonsumsinya. Jangan lupa juga untuk tidur cukup 6-8 jam sehari, minum air putih yang cukup dan tentunya harus berolahraga. Tubuh pun dijamin jadi lebih sehat dan bugar terhindar dari berbagai penyakit. Akses Gotomalls.com untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.

Articles

Malls

featured image source: hipwee.com