Hal yang Harus Dihindari Setelah Olahraga

Pandemi global membuat kesadaran masyarakat akan pentingnya berolahraga meningkat drastis. Dengan segala manfaat yang ditawarkannya, olahraga bisa mendatangkan dampak positif baik untuk kesehatan fisik maupun mental.

Hanya saja, olahraga yang berkualitas harus dilakukan dengan baik dan benar, mulai dari pemanasan hingga selesai berolahraga. Nyatanya, banyak diantara kita yang belum benar-benar sadar tentang kebiasaan-kebiasaan buruk selepas berolahraga.

Kebiasaan makan sembarangan, minum es, tidak melakukan pendinginan, tidak ganti pakaian, hal-hal semacam ini masih cukup lumrah ditemui, namun ternyata cukup beresiko. Berikut penjelasan selengkapnya:

1. Makan Berlebihan

article image

Image source: BBC

Meskipun sangat dianjurkan untuk langsung mengonsumsi makanan, tetapi jika makan terlalu banyak sehabis berolahraga justru hanya akan membuat lemak semakin menumpuk. Hal ini perlu dihindari jika kamu sedang menjalani program diet. Makan berlebihan bisa meningkatkan pasokan kalori harian, walaupun kalori yang dibutuhkan lebih sedikit daripada yang masuk ke dalam tubuh.

Selain itu, sebisa mungkin hindari makanan-makanan olahan yang mengandung lemak tinggi. Jangan berpikir bahwa sehabis olahraga bisa sembarangan makan untuk menggantikan energi yang hilang. Sebab, kebiasaan ini bisa menghambat proses recovery, mengingat jenis makanan olahan serta tinggi lemak termasuk sulit dicerna.

2. Melewatkan Pendinginan

article image

Image source: soulofjakarta.com

Setelah latihan keras selama berjam-jam, seringkali kita malas jika harus menyisihkan beberapa menit saja untuk berjalan santai. Padahal, pendinginan sehabis berolahraga seperti jalan kaki akan memberikan kesempatan untuk tubuh kembali ke kondisi awal.

Pendinginan sehabis olahraga merupakan hal penting untuk menurunkan tekanan darah dan denyut jantung secara bertahap. Sebuah study dalam Journal of Strength and Conditioning Research mengemukakan bahwa olahraga ringan dan pijatan efektif untuk membantu proses pemulihan otot pasca-olahraga.

3. Tidak Segera Ganti Pakaian

article image

Image source: eatthis.com

Sehabis berolahraga, tubuh akan menghasilkan banyak keringat akibat proses pembakaran yang terjadi. Komposisi yang terkandung dalam keringat setiap orang berbeda-beda, tetapi umumnya sama-sama mengandung air, lemak, garam, serta sisa-sisa metabolisme dan elektrolit.

Selain itu, keringat yang keluar dan menempel pada pakaian bisa menjadi sarang kuman untuk berkembang. Itulah sebabnya kita dianjurkan untuk segera mengganti pakaian sehabis berolahraga. Memakai pakaian berkeringat bisa meningkatkan resiko infeksi jamur hingga pertumbuhan jerawat pada kulit.

4. Langsung Melakukan Pekerjaan Berat

article image

Image source: WellnessMonsters.com

Olahraga menyebabkan tubuh mengalami kelelahan dan terjadinya beberapa kerusakan pada jaringan otot. Jika dilanjutkan dengan melakukan pekerjaan-pekerjaan berat tanpa waktu jeda untuk beristirahat, jaringan otot akan rentan terluka.

Selain itu, kondisinya bisa semakin parah jika kita mengalami dehidrasi dan kekurangan nutrisi sebelum olahraga. Oleh sebab itu, sewajarnya kita beristirahat setelah berolahraga untuk memberikan kesempatan pemulihan bagi tubuh.

5. Membiarkan Tubuh Dehidrasi

article image

Image source: bestlifeonline.com

Kondisi dehidrasi yang muncul selepas berolahraga bisa menyebabkan kelelahan dan rasa kantuk meskipun kebutuhan tidur sudah terpenuhi. Dehidrasi yang terjadi secara berkepanjangan, berulang, dan dibiarkan begitu saja bisa menimbulkan penyakit serius seperti infeksi saluran kemih, batu ginjal, hingga gagal ginjal.

Cairan yang hilang sehabis berolahraga harus segera diganti agar elektrolit tubuh kembali seimbang. American College of Sports Medicine merekomendasikan saat kita melakukan latihan intensif lebih dari 60 menit, sebaiknya minum minuman isotonik untuk menggantikan cairan tubuh lebih efektif.


Demikianlah 5 pantangan sehabis berolahraga yang perlu dihindari. Simak juga info dan tips menarik lainnya bersama Gotomalls.com, layanan direktori shopping yang menyediakan informasi terlengkap seputar merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event di seluruh pusat perbelanjaan di Indonesia.

Malls

Articles

Featured image source: unsplash.com