Hewan Peliharaan yang Tidak Lazim Dipelihara

Kucing, anjing, kelinci, dan kura-kura mungkin sudah terlalu biasa untuk dipelihara. Namun beberapa hewan di bawah ini bisa dibilang tidak lazim dipelihara.

Kira-kira apa saja ya hewan yang tidak lazim dipelihara ini?

1. Rubah Fennec

article image

Image source: wartaiptek.com

Secara umum, rubah dapat digolongkan sebagai hewan peliharaan yang buruk, namun rubah Fennec merupakan tipe hewan peliharaan yang baik dan mudah dirawat. Hewan gurun ini memiliki kecenderungan bentuk yang lebih kecil dari kucing.

Kamu juga bisa lho melatih rubah Fennec untuk membuang kotorannya di pasir. Jenis peliharaan tidak lazim ini memiliki wajah yang lucu, suka bermain, dan tidak berbahaya. Saat sudah dewasa, berat rubah Fennec bisa mencapai ukuran Chihuahua.

2. Rakun

article image

Image source: cyberthreat.com

Rakun menjadi pilihan berikutnya untuk hewan peliharaan tidak lazim. Mungkin terdengar aneh memelihara rakun namun bentuknya yang lucu dan menggemaskan bisa kamu perhitungkan.

Meski begitu, kamu perlu hati-hati sebab rakun biasanya memiliki tingkah yang sedikit jahil. Ini mungkin jadi salah satu hewan peliharaan tidak lazim yang menantang, terlebih hewan tersebut tergolong temperamen.

Rakun termasuk hewan yang cerdas, aktif dan suka bermain. Mereka termasuk golongan hewan yang nokturnal dan dapat menjadi destruktif dan tidak bisa diprediksi. Meski begitu untuk urusan buang kotoran, rakun bisa lho diajari untuk melakukannya di kotak pasir.

3. Kapibara

article image

Image source: pixabay.com

Terdengar asing dengan nama kapibara? Kapibara merupakan hewan semi akuatik yang suka hidup pada lingkungan basah dan banyak ditumbuhi rumput.

Ia termasuk jenis hewan pengerat yang memiliki bentuk cukup lucu. Perpaduan antara marmut dan hamster. Kapibara bisa tumbuh hingga 4 kaki panjangnya dan beratnya bisa menjadi ratusan pon.

Sebelum memutuskan untuk memeliharanya kamu wajib tahu fakta ini. Pada beberapa negara, kapibara dilarang untuk dipelihara karena undang-undang hewan peliharaan eksotis. Jadi pastikan dulu yaa sebelum memilih hewan ini sebagai peliharaan yang tidak lazim.

4. Landak

article image

Image source: arifuru.com

Hewan yang satu ini kini sudah mulai banyak dijadikan hewan peliharaan walau tubuh mereka diselimuti duri. Landak sebenarnya adalah hewan yang ramah dan bisa sangat sayang pada pemiliknya.

Mereka memiliki sifat yang tenang dan mudah untuk dirawat. Namun tetap saja perlu banyak perhatian khusus untuk merawat hewan yang satu ini. Landak biasa aktif pada malam hari, jadi bisa tuh diajakin main pas malam-malam.

5. Sigung

article image

Image source: mymove.com

Sigung jadi hewan peliharaan? Emang bisa? Bisa dong meski tidak lazim. Faktanya ada lho yang suka pelihara sigung karena dia memiliki sehat yang kalem dan baik, meski agak bau.

Sigung juga bukan tipe hewan yang suka alam liar ketika kelenjar aromanya dihilangkan. Mereka mudah dirawat dan membutuhkan sedikit perhatian. Mereka ramah, menyenangkan, dan suka diajak bermain.

6. Spotted Genet

article image

Image source: thecincinnaizoo.com

Ini adalah salah satu hewan asal Afrika dan mereka bisa dijadikan hewan peliharaan yang bagus bagi kamu yang suka hewan-hewan seperti kucing. Spotted ganet atau gen berbintik ini terlihat seperti persilangan antara musang, kucing, dan rakun.

Dia banyak diidentikkan dengan hewan peliharaan yang eksotis. Dan ternyata jenis ini juga suka bermain di dalam rumah.

7. Sugar Glider

article image

Image source: halodoc.com

Dikenal juga sebagai hewan peliharaan saku. Sugar glider adalah makhluk kecil yang suka diajak main dan memiliki bentuk imut kecil.

Mereka menyukai tempat-tempat yang tenang. Sugar glider juga jenis hewan yang setia, mereka dapat diajari berbagai trik dan tentu saja bisa sedikit meluncur.

Banyak yang bilang jika hewan yang tidak lazim dipelihara ini adalah salah satu yang paling ramah keluarga dan anak. Mereka aktif di malam hari dan suka begadang.

8. Tarantula

article image

Image source: jawapos.com

Laba-laba raksasa ini memang memiliki bentuk yang unik tapi sekaligus menyeramkan. Meski begitu pada 20 tahun terakhir ini, tarantula cukup populer dijadikan hewan peliharaan.

Tarantula lutut merah Meksiko dan rambut keriting adalah hewan peliharaan yang hebat. Mereka makan serangga hidup dan bukan hewan peliharaan yang ramah bagi sebagian orang.

Banyak orang menganggap tarantula menakutkan tapi juga menantang dan menarik. Meski begitu tarantula aman kok dipegang.

Beberapa hewan diatas termasuk hewan yang tidak lazim dipelihara namun banyak yang suka. Bagi kamu yang ingin memeliharanya pastikan untuk cek apakah kota atau negara ini mengizinkan hewan tersebut untuk dipelihara.

Malls

Articles

Featured Image Source: baike.com