Perkembangan Janin Ibu Hamil 5 Bulan

Usia kehamilan 5 bulan adalah masa-masa yang dianggap paling nyaman oleh banyak wanita. Mereka bisa kembali bepergian dan melakukan aktivitas-aktivitas ringan setelah melewati trimester pertama yang cukup melelahkan akibat proses penyesuaian. Terlebih, ibu hamil 5 bulan juga sudah mulai bisa merasakan gerakan-gerakan si kecil.

Bicara soal usia kehamilan, kali ini Gotomalls akan membagikan informasi seputar perkembangan janin dan gejala fisik yang sering muncul pada ibu hamil 5 bulan. Untuk melancarkan persiapan kehamilanmu, ayo simak ulasannya di bawah ini.

Perkembangan Janin pada Usia Kehamilan 5 Bulan

article image

Image source: mamibuy.co.id

Pada usia kehamilan 5 bulan, panjang janin umumnya sudah mencapai 21 – 22 sentimeter, dengan bobot sekitar 340 gram atau lebih. Bentuk janin juga sudah tampak seperti bayi yang siap dilahirkan, hanya saja ukurannya masih terlalu kecil. Organ pankreas sudah semakin matang, diikuti dengan bibir, alis, dan kelopak mata yang juga terbentuk lebih sempurna.

21 Minggu

• Janin mulai aktif bergerak.
• Bobot tubuh janin sudah mulai lebih berat dari plasenta.
• Tubuhnya diselimuti bulu-bulu halus (lanugo).
• Organ pencernaan semakin matang.
• Organ kelamin pada janin perempuan sudah terbentuk.

22 Minggu

• Kuku mulai tumbuh pada ujung-ujung jari.
• Organ pencernaan mulai berfungsi, biasanya ditandai dengan ditelannya cairan ketuban oleh janin.
• Mata bagian dalam mulai terbentuk.
• Tubuh bayi tampak lebih proporsional.

23 Minggu

• Pertumbuhan janin semakin matang.
• Janin mulai bisa mendengar suara-suara dari luar perut sang ibu, seperti suara nyanyian, suara obrolan, dll.

24 Minggu

• Panjang sudah mencapai ukuran 30 sentimeter dengan bobot sekitar 600 gram.
• Tubuhnya sudah memiliki sedikit lemak.
• Organ otak berkembang pesat.
• Sidik jari semakin terbentuk sempurna.
• Organ paru-paru berkembang dan cabang-cabang pernapasan mulai terbentuk.
• Organ vital lebih matang.

Perubahan dan Gejala Fisik Ibu Hamil 5 Bulan

article image

Image source: mom.com

Pada masa kehamilan 5 bulan berat badan umumnya akan bertambah sekitar 5.5 - 7 kg. Pertambahan berat badan berlangsung bertahap sekitar 200 – 250 gram setiap minggu. Banyak wanita merasa nyaman dengan usia kehamilan ini. Rasa mual dan muntah-muntah yang sering terjadi pada trimester pertama sudah semakin berkurang, dan ibu hamil mulai terbiasa beraktivitas dengan ukuran perut yang membesar.

Perut juga akan bertambah besar secara lebih cepat. Diikuti payudara yang terasa lebih penuh menandai persiapan menyusui. Ibu hamil mungkin akan sering merasa lapar dari sebelumnya. Kendati begitu, pastikan tetap menerapkan pola makan sehat sesuai dengan standar gizi bagi ibu hamil.

Kemunculan stretch mark di area perut, payudara, dan paha umumnya terjadi setelah memasuki usia 22 minggu kehamilan. Stretch mark akan muncul dengan warna kemerahan, lalu memudar menjadi lebih gelap.

Keluhan lain yang sering dialami ibu hamil 5 bulan adalah pembengkakan kaki, terutama setelah berdiri lama atau berjalan kaki. Kemudian cairan vagina yang bertambah. Namun ini tergolong wajar selama cairan tidak berbau, berwarna, atau menyebabkan gatal dan nyeri.

Tips Untuk Ibu Hamil

article image

Image source: madamenoire.com

Meski keluhan fisik sudah tidak separah di awal kehamilan, ibu hamil tetap harus memperhatikan beberapa hal penting agar kesehatan tubuh dan janin selalu terjaga. Berikut tips aman untuk usia kehamilan 5 bulan:

Siapkan Lotion atau Gel Anti Stretch Mark

Kemunculan stretch mark terkadang diikuti dengan rasa gatal pada kulit. Siapkan lotion atau gel anti stretch mark untuk membantu mengurangi rasa gatal dan mencegah kulit kering.

Bagi Anda yang sedang mencari tempat tidur bayi, bisa cek produk di bawah ini:

BabyDoes Justice League Superman Baby Box

article image

Beli Sekarang

Rajin Cuci Muka dan Istirahat yang Cukup

Wanita yang sedang mengandung biasanya sering mengalami produksi minyak berlebih pada wajah. Mata pun menjadi lebih sensitif, kering, dan cepat lelah. Agar tidak muncul jerawat, biasakan untuk cuci muka dan istirahat yang cukup.

Ajak Si Kecil Mendengar Musik

Pada usia kehamilan 5 bulan janin sudah mulai mendengar suara-suara dari luar. Ajaklah si kecil mendengarkan musik instrumen dengan tempo rendah agar ia bisa mengenal sekaligus menjalin kedekatan dengan sang ibu. Banyak studi dan hasil riset yang menunjukkan bahwa mendengarkan musik selama kehamilan memberikan banyak manfaat.

Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Untuk menghindari pembengkakan, pastikan kebutuhan cairan tubuh selalu terpenuhi. Sebisa mungkin pilih air mineral sebelum mengonsumsi minuman lain seperti jus atau susu.

Jangan Panik Jika Ulu Hati Terasa Nyeri

Salah satu gejala paling umum yang dirasakan ibu hamil adalah nyeri pada ulu hati. Jika ini sering terjadi, cobalah untuk mengubah jadwal makan menjadi lebih banyak dengan porsi yang lebih sedikit.

Cek produk bayi lainnya di bawah ini:

Products


Demikianlah hal-hal yang perlu diketahui seputar usia kehamilan 5 bulan. Untuk mendapatkan informasi bermanfaat lainnya, ikuti terus update artikel terbaru di Gotomalls.com, platform direktori shopping pertama dan terbesar di Indonesia yang menyediakan informasi terlengkap semua yang ada di mall mulai dari merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event.

Articles

Malls

featured image source: ibupedia.com