Kuliner Khas Bali

Jalan-jalan ke Bali belum lengkap jika tidak menjajal kudapan khas nya. Kuliner khas di Bali terkenal dengan aromatik segar lengkap dengan bumbu otentiknya.

Jadi penasaran kan? Berikut ini kuliner khas Bali yang wajib kamu coba.

1. Sate Lilit

article image

Image source: idntimes.com

Semua orang pasti sudah tahu jika sate lilit adalah salah satu makanan khas Bali. Sate lilit adalah olahan daging yang dibuat sate kemudian dililitkan hingga menempel pada tusukannya. Biasanya orang Bali menggunakan batang serai sebagai tusuknya.

Daging cincang ini memiliki rasa khas gurih, manis, dan aromatik. Tidak susah menemukan sate lilit di Bali, karena hampir di semua tempat menyediakan menu khas ini.

2. Lawar

article image

Image source: medcom.id

Lawar adalah makanan yang berasal dari berbagai macam sayur. Mulai dari kacang panjang, sayur nangka, dan kelapa parut. Sayuran tersebut kemudian dicampur dengan bumbu rempah khas Bali.

Biasanya lawar disajikan bersamaan dengan daging. Misalnya lawar daging entok, lawar ayam, hingga lawar babi.

3. Nasi Campur Bali

article image

Image source: wisatalah.com

Ini bukan nasi campur jawa ya. Nasi campur Bali biasanya dilengkapi dengan berbagai lauk dengan bumbu khas Bali. Sayurannya lengkap ada juga protein hewani berupa daging (sapi, ayam, atau babi) dan tidak ketinggalan sambal matah.

Lengkapnya sih, ada sate lilit, ayam suwir, urap, lawar, sambel matah, sambel embe, dan tidak lupa nasi.

4. Ayam Betutu

article image

Image source: asianfoodnetwork.com

Ayam betutu diolah dengan berbagai rempah pilihan, serai, kunyit, jahe, bawah merah, bawang putih, daun jeruk, daun saman, kemiri, lada, dan rempah lainnya. Terakhir tambah daun kemangi biar seger dan wangi.

Ayam ini dimasak bersamaan dengan bumbu hingga menyerap. Pas di makan, rasa gurih, manis, asin, pedes, dan segernya benar-benar menyatu di mulut.

Ayam betutu juga bisa kamu temui di Lombok lho.

5. Serombotan

article image

Image source: merahputih.com

Kamu lagi diet atau vegan food? Serombotan sepertinya cocok untukmu. Makanan ini terbuat dari berbagai macam sayur seperti kacang panjang, bayam, kangkung. tauge, pare, terong, dan buncis.

Sayuran tadi kemudian di potong dan ditumis bersamaan kemudian ditambahkan dengan bumbu khas dan sedikit santan. Da tambahan bumbu kacang yang bikin serombotan makin nikmat disantap di siang hari.

6. Nasi Jinggo

article image

Image source: idntimes.com

Nasi jinggo disajikan khas dalam bungkusan daun pisang. Awalnya nasi ini muncul pada 1997 saat krisis moneter. Saat itu nasi dijual dengan harga Rp 1.500. Nah nominal tersebut dalam bahasa Hokkien disebut jeng go. Akhirnya terlahirnya nama nasi jinggo

7. Sate Plecing

article image

Image source: endus.tv

Kalau biasanya sate disantap dengan sambel kacang atau sambal kecap, sate yang satu ini disajikan khas dengan sambal plecing yang segar. Rasa pedas, gurih dan asemnya nikmat bercampur saat dimakan.

Makanan ini merupakan salah satu kudapan khas Singaraja yang dulu biasa disajikan untuk perayaan keluarga.

8. Bebek Timbungan

article image

Image source: idntimes.com

Makanan ini diolah dengan waktu yang lumayan lama. Setidaknya bebek segar dimasak selama 12 jam bersama dengan rempah bumbu khasnya.

Namun prosesnya tidak sekali masak. Jadi awalnya bebek diungkep selama 4 jam dengan api kecil, kemudian diangkat dan dikukus selama 8 jam agar bumbunya lebih meresap dan daging bebeknya tidak alot.

Proses ini memang lama namun dijamin rasanya sedep.

Makin tidak sabar ya pergi liburan ke Bali. Kira-kira makanan khas Bali mana yang akan kamu pesan terlebih dahulu?

Malls

Articles

Featured Image Source: kumparan.com