Makanan Enak di Bandung

Ada cukup banyak pilihan makanan enak di Bandung untuk memuaskan hasrat para penggila kuliner. Salah satu kota wisata terfavorit ini memang sudah sejak lama menjadi tujuan wisata kuliner selain untuk berburu barang-barang fashion di berbagai pusat perbelanjaannya.

Saat kamu jalan-jalan ke Bandung, sebaiknya jangan lewatkan kesempatan untuk menikmati kuliner street food-nya yang super lezat namun tetap ramah di kantong.

Kuliner di Bandung enggak cuma menyajikan cita rasa masakan khas Sunda, melainkan juga berbagai variasi kuliner kekinian yang unik. Kalau kamu butuh referensi kuliner di Bandung, berikut Gotomalls bagikan 7 rekomendasi terbaiknya!

1. Wedang Ronde Alkateri

article image

Image source: brisik.id

Kedai Wedang Ronde di Jalan Alkateri, Braga, sudah eksis sejak tahun 1984. Perintisnya ialah seorang wanita etnis Tionghoa bernama Ibu Gwat. Perempuan yang kini sudah berusia 80 tahunan ini masih setia melayani para pemburu kuliner di Bandung, tentunya dengan resep yang masih terjaga sejak lebih dari 3 dekade lalu.

Soal rasa tidak perlu diragukan lagi. Sebagai salah satu legenda kuliner di Bandung, siapapun pasti ingin kembali lagi setelah mencicipi semangkuk wedang ronde buatan Bu Gwat.

2. Nasi Kalong

article image

Image source: Next Carlos YT via jalanbareng.com

Selain Wedang Ronde Alkateri, Nasi Kalong di Jalan RE Martadinata juga tak kalah populer di kalangan warga Bandung. Tempat ini menyajikan bermacam-macam pilihan lauk dan nasi yang dimasak menggunakan kluwek dan dibumbui rempah-rempah terbaik.

Selaras nama, Nasi Kalong adalah kuliner yang hanya buka pada malam hari, yaitu sejak pukul 7 sampai 1 dini hari. Jadi, kalau kamu sedang berkeliaran malam-malam mencari santapan lezat, cobalah datang ke tempat ini.

3. Lomie & Bakmie Jalan Lombok

article image

Image source: sangpelancong.com

Di salah satu sudut jalanan Cihapit, tepatnya di Jalan Lombok No. 12, ada satu penjual lomie dan bakmie yang sudah sangat populer. Mereka menyajikan olahan mie gepeng dengan kuah ebi kental dan manis yang rasanya bikin ketagihan.

Semakin sempurna jika dicampur suwiran daging ayam, ceker, daun bawang, seledri, dan tak ketinggalan bawang goreng gurih. Lomie Jalan Lombok bisa dibilang sebagai yang terbaik se-Bandung Raya.

4. Warung Kopi Purnama

article image

Image source: brisik.id

Makanan enak di Bandung selanjutnya bisa kamu temukan di Warung Kopi Purnama yang terletak tak jauh dari kedai Wedang Ronde Alkateri, yaitu di Jalan Alkateri No.22, Braga. Warung kopi ini sudah ada sejak tahun 1930an.

Walaupun menyajikan kopi sebagai menu utama, kombinasi kopi susu dan roti selai srikaya disini bisa menjadi teman nongkrong yang sempurna bagi semua kalangan.

5. Lotek Kalipah Apo 42

article image

Image source: food.detik.com

Setelah lebih dari setengah abad memanjakan lidah penikmat lotek di Bandung, Lotek Kalipah Apo 42 menjadi kuliner legendaris yang tetap di hati pelanggan setianya. Apalagi saat ini sudah hadir varias lain berupa asinan, bubur, rujak, serta aneka lauk.

Lotek Kalipah Apo 42 sudah ada sejak tahun 1953. Kualitas rasa loteknya masih tetap juara walaupun agak berubah sedikit. Yang jelas, siap-siap mengantri karena pembeli disini selalu berdatangan sepanjang hari.

6. Seafood Taman Cibeunying

article image

Image source: gotravelly.com

Makanan enak di Bandung kurang sempurna jika belum menikmati hidangan laut di Taman Cibeunying. Disana, para penjual kaki lima berjejer mendirikan tendanya untuk memanjakan pemburu kuliner setiap malam.

Mereka menyediakan aneka pilihan seafood terlengkap dengan harga yang tergolong murah mulai dari Rp30 ribu. Mulai dari udang, kepiting, cumi, cah kangkung, kerang, dan masih banyak lagi menu-menu khas hidangan laut yang bisa kamu pilih.

7. Sumber Hidangan

article image

Image source: Kompas.com

Sejak eksis pertama kali pada tahun 1929, toko kue ini awalnya bernama 'Het Snoephuis' yang artinya ‘Rumah Manis’. Het Snoephuis memang menyajikan berbagai camilan manis; mulai dari roti hingga kue kering. Tapi, seiring waktu nama Het Snoephuis diganti menjadi Sumber Hidangan.

Tempat ini bukan sekadar menyajikan makanan enak di Bandung, tapi juga menyimpan nilai historis yang tinggi. Terlebih lagi, cita rasa hidangan roti disini bukanlah sesuatu yang bisa dengan mudah dijumpai di tempat lain.

Daripada penasaran, kamu bisa langsung mampir ke alamatnya di Jalan Braga No. 20-22, Sumur Bandung, Kota Bandung.


Selain itu, kamu bisa mendapatkan info seputar kuliner terbaik lainnya dalam update artikel terbaru di Gotomalls.com! Layanan direktori shopping yang menyediakan informasi terlengkap seputar merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event di seluruh pusat perbelanjaan di Indonesia. Kamu juga bisa beli voucher game, bayar token listrik, top up pulsa, hingga belanja produk-produk pilihan terbaik!

Malls

Articles

Featured image source: Phinemo.com