9 Makanan Khas Indonesia Selalu Ada Di Perayaan 17 Agustus

17 Agustus sebenarnya tak hanya identik dengan lomba-lomba yang unik dan menarik saja. Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ini pun juga memiliki makanan atau kuliner-kuliner yang khas. Makanan khas Indonesia yang satu ini biasanya hanya dihidangkan ketika menjelang perayaan 17 Agustus atau tepat di hari Kemerdekaan saja. Penasaran apa saja makanan-makanan kuliner khas Indonesia yang unik dan lezat ini? Berikut daftarnya:

Telok Abang

article image

Image source: kitogalo.com

Jika berbicara tentang makanan khas Indonesia yang sering tampil dalam perayaan 17 Agustus, maka kurang pas rasanya jika tidak menyertakan kuliner yang satu ini. Telok Abang merupakan sajian kuliner berupa telur rebus yang berwarna merah khas dari Palembang. Telok Abang memang selalu khusus disajikan di hari kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus. Biasanya Telok Abang ini menggunakan bahan dasar telur bebek. Namun belakangan ini, kebanyakan menu Telok Abang lebih sering menggunakan telur ayam karena harganya yang jauh lebih murah. Meskipun telur ini berwarna merah, namun tetap bisa dikonsumsi karena menggunakan pewarna makanan yang aman digunakan. Biasanya Telok Abang dijual dengan miniatur kapal yang membuat banyak anak-anak kecil tertarik untuk membelinya.

Nasi Tumpeng

article image

Image source: tribunnews.com

Siapa yang tidak mengenal kuliner nasi tumpeng? Bahkan pada perayaan besar sekalipun, sering kali nasi tumpeng ini dihadirkan sebagai menu utama. Nasi tumpeng sendiri merupakan nasi kuning namun disajikan dengan bentuknya yang menyerupai kerucut dalam sebuah nampan. Selain itu akan ada beberapa lauk pauk yang menyertainya, seperti suwiran ayam, oseng tempe, sambal goreng kentang, perkedel, irisan telur dadar, dan masih banyak lainnya. Biasanya nasi tumpeng disajikan untuk memeriahkan perlombaan di Hari kemerdekaan Indonesia.

Telok Ukan

article image

Image source: riau24.com

Sama seperti telok abang, makanan khas Indonesia yang satu ini juga berbahan dasar telur. Namun bedanya, Telok Ukan merupakan telur yang di dalamnya berisikan campuran antara telur, santan, serta bumbu rempah lainnya yang dikocok jadi satu. Setelah itu dimasukkan kembali ke cangkang telur dan dikukus hingga masak. Mungkin di antara kuliner Telok Palembang lainnya, proses penyajian Telok Ukan terbilang paling rumit namun tetap saja rasanya sangat nikmat dan jangan sampai kamu melewatkannya saat perayaan 17 Agustus nanti.

Kamu juga bisa membuat makanan khas Indonesia salah satunya adalah opor ayam.

Bumbu Opor Raozen Toples

article image

Beli Sekarang

Telok Pindang

article image

Image source: zetizen.jawapos.com

Untuk menu kuliner 17 Agustusan yang satu ini juga menggunakan bahan telur akan tetapi disajikan dengan cara yang berbeda. Telok pindang merupakan telur rebus yang diolah dengan cara dipindang. Telok Pindang menjadi kuliner yang cukup dekat dengan Pindang Musi Rawas yang merupakan kuliner khas Palembang. Telok PIndang diolah dengan cara direbus menggunakan air yang di dalamnya sudah tercampur dengan asam.

Ayam Tuturaga

article image

Image source: blog.reservasi.com

Makanan khas Manado ini juga menjadi salah satu makanan khas Indonesia lainnya yang sering disajikan saat perayaan 17 Agustus. Dengan cita rasa yang pedas, ayam tuturaga juga cocok disajikan ketika musim hujan atau dingin agar menghangatkan badan. Awalnya Tuturaga ini adalah kuliner dengan bahan dasar daging penyu. Namun semenjak ditetapkan peraturan tentang penyu sebagai hewan yang dilindungi, maka kini kuliner ini menggantinya dengan daging ayam. Ayam tuturaga hampir seperti opor ayam namun mempunyai cita rasa yang pedas sehingga semakin menggugah selera.

Bandros

article image

Image source: mamang.id

Jika sebelum-sebelumnya merupakan makanan yang berat, maka kuliner yang satu ini berbeda karena cocok untuk dijadikan camilan. Bandros rasanya tak pernah absen ketika perayaan 17 Agustusan. Bisa dilihat sendiri betapa banyaknya pedagang bandros yang memenuhi ketika peringatan hari Kemerdekaan. Bandros merupakan makanan yang berbahan dasar tepung beras, santan dan kepala parut. Kuliner asal Jawa Barat dihidangkan bersama dengan taburan gula pasir. Sangat nikmat rasanya selagi hangat dengan teh ataupun kopi.

Carabikang

article image

Image source: stapico.com

Hampir mirip seperti serabi, makanan khas Jawa Tengah ini mempunyai cita rasa yang manis di setiap gigitannya. Tak hanya itu saja, makanan ini memiliki warna yang cantik yang membuatnya semakin menarik. Berbahan dasar tepung beras, Carabikang memang selalu menjadi camilan yang khas dan sering disajikan ketika perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia.

Ketan Sumpit

article image

Image source: danuprinanto.blogspot.com

Makanan khas Indonesia lainnya yang juga tak boleh dilewatkan saat perayaan 17 Agustus adalah Ketan Sumpit. Makanan ini menjadi makanan pendamping yang dapat dinikmati bersama dengan telok ukan, telok abang, maupun telok pindang. Ketan Sumpit seperti sejenis lemper yang disajikan dengan cara dijepit menggunakan sumpit.

Ayam Goreng Paniki

article image

Image source: adakuliner.com

Makanan khas Ambon yang lezat ini juga sering disajikan ketika perayaan 17 Agustus. Rasanya yang pedas begitu menggugah selera. Tak heran jika makanan khas Indonesia ini termasuk sebagai salah satu menu yang pas untuk dihidangkan ketika memperingati hari Kemerdekaan Republik Indonesia.


Itulah kesembilan makanan khas Indonesia yang selalu ada di perayaan 17 Agustus. Jika melihat deretan makanan-makanan khas Indonesia di atas, terlihat jika Indonesia memang kaya akan kuliner-kuliner yang lezat dengan cita rasa khas Nusantara. Dari Sabang hingga Merauke, ada banyak kuliner-kuliner lezat yang dapat dinikmati saat perayaan 17 Agustus mendatang.

Products

Kunjungi Gotomalls.com aplikasi berbasis website yang menyediakan informasi terlengkap semua yang ada di mall mulai dari merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event.

Cek semua promo makanan khas Indonesia yang ada di restoran-restoran terdekat di kotamu untuk memeriahkan 17 Agustus.

Malls

Articles

featured image source: blog.reservasi