Misi Luar Angkasa 2022

Pada tahun 2022 ini kita akan menyaksikan beberapa misi luar angkasa luar biasa dan mungkin akan menjadi era baru di kemudian hari. Pada 2021 lalu bahkan kita sempat melihat penerbangan luar biasa yang pada misi Lucy untuk menjelajahi asteroid dan melihat pesawat ruang angkasa OSIRIS-REx memulai perjalanan pulang dengan sampel asteroid.

Lantas apa saja agenda misi luar Angkasa berikutnya di 2022 ini? Yuk kita ikuti.

1. Misi Artemis-1 NASA Mengelilingi Bulan

article image

Image source: forbes.com

Misi ini rencananya akan dilakukan pada Maret 2022 mendatang. Artemis-1 adalah misi uji terbang tanpa awak di mana pesawat ruang angkasa Orion NASA, European Service Model (ESM) dan Space Launch System (SLS) NASA akan terbang melampaui Bulan. Mereka akan menerbangkan, mengorbit Bumi dan kemudian mengirim Aorion dan ESM memasuki orbit elips Bulan.

Roket SLS yang ditumpuk penuh berdiri di 322 kaki (98,1 meter) dan akan menghasilkan sekitar 8,8 juta pon daya dorong saat peluncuran, 13 persen lebih banyak dari pesawat ulang-alik dan 15 persen lebih banyak dari roket Saturn V.

2. Misi Pribadi ke ISS

article image

Image source: axiomspace.com

Setelah misi Inspiration-4 berhasil pada tahun 2021, perusahaan penerbangan luar angkasa swasta Axiom memiliki kontrak dengan SpaceX untuk meluncurkan empat misi berawak ke ISS. Semua akan menggunakan roket Falcon 9 SpaceX dan pesawat ruang angkasa Crew Dragon.

Ax-1 pertama akan diluncurkan pada tahun 2022 dan yang kedua, Ax-2, mungkin akan menyusul setelahnya. Ax-1 akan dipimpin oleh mantan astronot NASA Michael Lopez-Alegria membawa tiga turis luar angkasa dalam misi delapan hari ke ISS. Masing-masing turis dilaporkan membayar $55 juta atau sekitar Rp 789 miliar.

Kunjungan tersebut sebagai salah satu bentuk upaya baru NASA mengkomersialkan stasiun luar angkasa, menggunakan penerbangan untuk mengumpulkan dana sekaligus meningkatkan akses ke luar angkasa bagi warga sipil.

3. Juno

article image

Image source: nasa.gov

Pesawat luar angkasa Juno telah menjelajahi Jupiter dan bulan-bulan Jovian sejak 2016 dan pada 2022 ini pesawat ruang angkasa Juni akan melakukan perjalanan ke bulan Jupiter, Europa.

Juno akan terbang pada jarak 29.000 mil dari Europa pada akhir Februari dan membuat lintasan yang dekat dalam jarak 221 mil pada akhir September. Pada ilmuwan berpendapat kemungkinan ada lautan cair di Europa di bawah kerak esnya, yang berarti ada peluang kehidupan ditemukan di sana.

4. Eropa dan Rusia Mengirim Penjelajah ke Mars

article image

Image source: pipanews.com

Setelah tertunda akibat Covid-19 rencananya peluncuran penjelajah Eropa dan Rusia ke Mars akan dijadwalkan pada 2022 ini. Badan Antariksa Eropa dan Roscosmos bermaksud untuk mengirim misi ExoMars.

Peluncuran akan dibuka pada 20 September 2022 dengan rover Rosalind Franklin dan dijadwalkan mendarat di Mars pada 10 Juni 2023.

5. Teleskop Ruang Angkasa James Webb

article image

Image source: space.com

Adalah teleskop yang paling kuat yang pernah dibuat. Teleskop ini memiliki harga sekitar $10 miliar. Teleskop Ruang Angkasa James Webb mampu meninggalkan Bumi di atas roket Ariane 5 pada Hari Natal.

6. Blue Origin Menguji Roket "New Glenn"

article image

Image source: fictiontofact.com

Blue Origin karja Jeff Bezos sedang mengukir ceruk sebagai pilihan wisata luar angkasa untuk para orang super kaya di dunia. Roket ini memiliki beberapa penerbangan semacam tu yang direncanakan akan mulai dicoba pada 2022 ini.

7. 4. Misi Uji Penerbangan Orbital Flight Test-2 (OFT-2) Boeing Starliner

article image

Image source: blog.nasa.gov

Kapsul Boeing Starliner yang dirancang untuk membawa astronot sebagai bagian dari Program kru Komersial NASA akan kembali melakukan uji penerbangan setelah sebelumnya sempat tertunda. Kapsul tersebut sebelumnya telah melakukan penerbangan uji orbital pertama pada Desember 2019 namun gagal mencapai titik tujuan untuk mendarat di Stasiun Luar Angkasa Internasional akibat anomali perangkat lunak.

Kini Uji Penerbangan OFT-2 adalah pengulangan dari tes sebelumnya yang awalnya akal diluncurkan pada 2021 namun gagal akibat kerusakan katup bahan bakar. an akan kembali diluncurkan pada Mei 2022 ini.

8. TESS

article image

Image source: phys.org

Misi ini awalnya dijadwalkan pada 2018 namun diperpanjang NASA hingga Juli 2020. TESS atau Transiting Exoplanet Survey Satellite akan terus berburu dan mengkarakterisasi exoplanet pada 2022, berpotensi mengungkap kehidupan lain di luar angkasa yang tak terduga seperti TOI-2337 b.

Selain delapan misi di atas sebenarnya masih ada lebih banyak lagi misi NASA yang rencananya akan dimulai pada tahun 2022 ini.

Malls

Articles

Featured Image Source: spacex.com