Berbagai Cara Kreatif Mama Penuhi Kebutuhan Keluarga Selama #DiRumahAja

Di tengah pandemi seperti yang sedang berlangsung saat ini, semua orang dituntut untuk lebih kreatif dalam memenuhi kebutuhan keluarga. Tentunya karena mobilitas kita sudah tidak seaktif biasanya untuk mencari kebutuhan di luar rumah.

Khususnya bagi para mama, pandemi ini sudah menjadi tantangan serius yang mesti dihadapi dengan cara yang tepat. Kebutuhan keluarga sehari-hari harus tetap terpenuhi demi kesehatan mental dan fisik dalam menghadapi pandemi. Supaya mama tidak kebingungan, yuk kita simak 5 cara kreatif mama penuhi kebutuhan keluarga selama #dirumahaja

Membuat Daftar Menu Makan Setiap Minggu

article image

Image source: retail-insider.com

Bagi para mama yang tidak begitu terbiasa membuat jadwal masakan rumah untuk setiap minggunya, hal ini mungkin terdengar sedikit merepotkan. Tapi tunggu dulu, dengan membuat daftar menu makan selama seminggu, mama akan lebih mudah untuk mengatur kebutuhan belanjaan mingguan.

Selain itu, tips ini cukup efektif untuk mengurangi frekuensi aktivitas di luar rumah, karena mama hanya perlu belanja segala kebutuhan sekali setiap minggu. Belanja pun jadi lebih hemat dan masakan bisa lebih bervariasi, karena mama tidak perlu bingung lagi menentukan menu masakan setiap harinya.

Minimalisir Aktivitas di Luar Rumah dengan Melakukan Belanja Sekaligus

article image

Image source: techadvisor.co.uk

Di masa pandemik semua orang harus membatasi aktivitas di luar ruangan. Nah, seperti yang sudah dibahas sebelumnya, mama juga tetap bisa meminimalisir aktivitas di luar ruangan dengan melakukan belanja kebutuhan keluarga sekaligus. Mama hanya perlu belanja setiap satu atau dua minggu sekali.

Lakukan Food-preparation Agar Bahan Makanan Lebih Tahan Lama

article image

Image source: astripujilestari.com

Food-preparation atau persiapan bahan makanan itu penting, apalagi di tengah pandemik seperti saat ini. Mama harus tahu cara mempersiapkan bahan makanan yang sudah disimpan selama berhari-hari sejak belanja mingguan.
Cara menyiasatinya yaitu dengan menyimpan setiap bahan pangan secara terpisah dan dilapisi pelindung kedap udara, kemudian simpan rapi setiap bahan di lemari es. Jangan lupa, selalu jaga higienis dan kebersihan.

Courts SY4 Round Shape Kotak Makan Set

article image

Beli Sekarang

Berikan Contoh Kedisiplinan di Tengah Krisis

article image

Image source: mymodernmet.com

Anak-anak bergantung pada stabilitas dan rutinitas. Ketika dua hal itu hilang, orang tua bertanggungjawab untuk membuat contoh dalam mengatasinya. Untuk bertahan hidup, kita semua harus mengikat komitmen pada diri kita sendiri, dan pada saat yang bersamaan, berserah diri pada krisis. Mama akan selalu diharapkan untuk memenuhi apa yang dibutuhkan anak-anak, khususnya untuk menurunkan tingkat stres.

Dengan berbagai cara kreatif, mama bisa membuat aktivitas-aktivitas seru dengan imbalan berupa hadiah camilan untuk membantu anak-anak menjadi lebih disiplin.

Kelola Emosi Diri di Tengah Pandemi

article image

Image source: bussinessworld.in

Virus corona telah memberi sejumlah dampak bagi banyak orang. Mulai dari mempengaruhi kebiasaan kita dalam hal kebersihan, rutinitas sehari-hari, hingga interaksi sosial dengan orang-orang di sekitar.

Lebih jauh, hal ini juga bisa mempengaruhi pikiran dan kondisi mental. Misalnya jika kita merasa cemas terhadap ketidakpastian kapan pandemi ini berakhir, ditambah paparan pemberitaan media berisikan kabar buruk dari hari ke hari. Bukan tidak mungkin mama bisa jadi lebih sensitif dari biasanya.

Bagi mama yang diharapkan bisa mendampingi anak-anak belajar selama di rumah, ini jelas tidak mudah. Terlebih, mungkin saja di sisi lain masih ada juga beban lain yang perlu ditangani. Entah itu masalah pekerjaan rumah atau berbagai urusan kantor yang belum terselesaikan.

Ada banyak cara yang bisa mama tempuh untuk mengelola emosi dan keluar dari zona kecemasan berlebih. Mulailah dengan merasakan apa yang terjadi di tubuh dan pikiran, kemudian terima dan biarkan berlalu. Seiring berjalannya waktu, semua kecemasan yang muncul bisa lebih cepat berlalu. Ada banyak panduan self-emotional healing di berbagai kanal kesehatan di YouTube yang bisa mama ikuti.

Olahraga Bersama dengan Keluarga

article image

Image source: pinterest.com

Olahraga bersama keluarga bisa menjadi alternatif mama untuk memenuhi kebutuhan kesehatan keluarga sekaligus relaksasi diri dari tekanan-tekanan mental di tengah pandemi.

Ada banyak jenis olahraga yang bisa dilakukan bersama-sama dengan keluarga di rumah, mulai dari senam aerobic, zumba, badminton, dan lain semacamnya. Buatlah suasana menjadi ceria dan penuh tawa, dengan begitu anak-anak akan lebih bersemangat berolahraga di rumah. Rutin melakukan olahraga akan sangat bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun tubuh di tengah-tengah pandemi.

Produk


Nah, sekarang mama pun bisa mulai menjalani berbagai aktivitas dari rumah tanpa perlu khawatir lagi dengan segala kebutuhan keluarga! Tapi jangan lupa, masih ada sejuta informasi dan tips lain yang tidak kalah menarik untuk kamu simak hanya di Gotomalls.com! Satu-satunya partner shopping terbaikmu untuk pengalaman belanja menguntungkan!

Artikel

Mall

featured image source: todaysparent.com