Hari Nelayan Nasional

Setiap tanggal 6 April, Indonesia memperingati Hari Nelayan Nasional. Hari spesial ini diadakan dengan tujuan untuk mengapresiasi jasa dan perjuangan para nelayan Indonesia.

Hari Nelayan Nasional ini telah ada sejak orde baru pada 1960. Nelayan Indonesia merupakan salah satu aset negara yang juga turut menunjang perekonomian nasional. Perayaan hari spesial ini pun didasari atas keadaan geografis Indonesia yang diapit dua samudera dan dua benua, serta potensi perikanan yang begitu besar.

Tujuan Perayaan Hari Nelayan Nasional

Laut dan seisinya merupakan salah satu sumber daya terbesar di Indonesia dan di sana ada nelayan yang juga turut andil menjadi penopangnya. Hari spesial ini tentu saja untuk mengapresiasi para nelayan Indonesia atas upaya pemenuhan kebutuhan protein dan gizi masyarakat dengan semua hasil tangkapan mereka. Pun untuk memajukan kesejahteraan nelayan.

Lalu apa saja sih yang harus dimiliki seorang nelayan?

1. Ketrampilan

article image

Image source: paxel.com

Seperti yang kita tahu para nelayan memiliki keterampilan dan pengetahuan tidak hanya tentang menangkap ikan namun juga membaca arah angin dan memperbaiki mesin kapal. Mereka juga dikenal terampil dalam menentukan waktu yang baik untuk melaut dan menangkap hasil laut.

Ketrampilan itu juga yang membuat para nelayan ini memiliki seribu cara untuk memodifikasi alat tangkap. Dan jangan salah sudah pasti mereka jago berenang lho.

2. Pandai Membaca Pola

article image

Image source: jpnn.com

Siapa bilang nelayan adalah pekerjaan yang mudah? Selain perlu keterampilan, nelayan juga harus terampil membaca pola. Ada 3 pola yang biasa digunakan nelayan. Yaitu pola penangkapan yang memakan waktu lebih dari satu hari, pola penangkapan ikan dalam satu hari, dan pola menangkap ikan hanya dengan waktu setengah hari.

Ketiga pola ini memiliki trik dan cara yang beda juga. Misal pola pertama biasanya hanya dilakukan untuk menangkap ikan lepas di pantai. Kalau pola sehari memerlukan lebih banyak persiapan. Nelayan harus mulai melaut pukul 2 siang dan akan kembali ke daratan pada 9 pagi di hari berikutnya.

Sedangkan pola terakhir biasanya hanya digunakan untuk menangkap ikan di dekat pantai saja. Untuk pola terakhir, nelayan akan mulai melaut di pagi hari sekitar pukul 3 pagi dan kembali ke darat pada pukul 9 pagi hingga 3 sore.

Dari nelayan kita juga dapat mempelajari berbagai hal yang mungkin sering kita tinggalkan, seperti:

  1. Kegigihan
  2. Teknik bertahan hidup di lautan lepas
  3. Kesabaran
  4. Kerja keras
  5. Pantang menyerah, dan
  6. Terampil

Selamat Hari Nelayan Nasional, pengorbananmu sangat berarti bagi Indonesia terutama untuk penggerak ekonomi dan kecukupan pangan.

Malls

Articles

Featured Image Source: bworldonline.com