Manfaat Jambu Biji

Buah jambu biji termasuk buah tropis yang kaya akan segudang manfaat. Dalam bahasa Hindi, jambu biji dikenal dengan nama amrood yang artinya berisi biji keras kecil di tengahnya. Banyak yang menyebutkan jika jambu biji awalnya berasal dari Amerika Tengah, meski sekarang di mana pun kita bisa menjumpai buah ini.

Buah dengan bentuk lonjong bulat berkulit hijau muda ini tak hanya bisa dimakan buahnya saja, bahkan daunnya pun bisa diseduh untuk dijadikan teh herbal sebagai suplemen ekstrak. Jambu biji juga kaya akan vitamin C, kalium dan serat. Kandungan nutrisinya begitu luar biasa bagi tubuh.

Jika kamu pemerhati kesehatan saatnya untuk makan buah jambu biji. Dan berikut ini 10 manfaat buah jambu biji yang baik untuk kulit dan pencernaan.

1. Sebagai Obat Demam Berdarah (DBD)

article image

Image source: halodoc.com

Sudah bukan hal baru lagi mendengar manfaat buah jambu biji yang pertama ini. Telah banyak bukti yang menunjukkan jika jambu biji ampuh mengobati demam berdarah.

Penelitian memang belum secara klinis menyebutkan khasiat buah dan juga daun dari jambu biji. Namun kandungan vitamin C yang cukup tinggi dalam jambu biji bermanfaat untuk mencegah kerapuhan (fragilitas) pembuluh darah dan secara tidak langsung memperkecil risiko peradangan pada penderita demam berdarah.

Kandungan vitamin C pada jambu biji bisa sampai 6 kali lipat dari jeruk dan 10 kali lipat dibandingkan pepaya.

2. Membantu Menurunkan Kadar Gula Darah

article image

Image source: dietdoctor.com

Beberapa penelitian menyebutkan jika jambu biji mampu meningkatkan kontrol gula darah. Mengonsumsinya secara teratur akan membuat kontrol gula darah jangka panjang semakin baik.

Meminum teh daun jambu biji dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah bahkan setelah makan. Efek yang terjadi bisa bertahan hingga dua jam. Studi lain juga menyebutkan, penderita diabetes tipe 2 kadar gula darahnya menurun dengan cepat hingga 10% usai meminum teh daun jambu biji

3. Meningkatkan Kesehatan Jantung

article image

Image source: elitehealthcare.com

Manfaat buah jambu biji berikutnya adalah menjaga kesehatan jantung. Buah kaya manfaat ini membantu meningkatkan keseimbangan natrium dan kalium dalam tubuh sehingga mampu mengatur tekanan darah pada penderita hipertensi.

Buah ajaib ini juga dipercaya mampu menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol jahat yang berpotensi menjadi perkembangan penyakit jantung. Selain itu ekstrak jambu biji juga dapat meningkatkan kadar kolesterol baik.

Untuk itu rajin mengonsumsi ekstrak daun jambu biji dapat memberikan manfaat berharga bagi penderita penyakit jantung. Selain itu, sebuah studi yang dilakukan pada 120 orang membuktikan jika mengonsumsi jambu biji matang sebelum makan dapat membantu menurunkan tekanan darah secara keseluruhan, menurunkan kolesterol jahat, dan meningkatkan kolesterol baik.

4. Meringankan Gejala Sakit Saat haid

article image

image source: raleighob.com

Banyak wanita mengalami kesakitan parah saat menstruasi. Gejalanya mulai dari nyeri kram perut, sampai benar-benar tak bisa melakukan aktivitas.

Untungnya buah jambu biji terbukti dapat mengurangi intensitas nyeri akibat kram perut. Manfaat buah jambu biji telah dibuktikan dalam penelitian melibatkan 197 wanita yang mengalami gejala nyeri saat haid.

Penelitian ini menemukan jika mereka yang mengonsumsi 6 mg ekstrak daun jambu biji setiap hari dapat mengurangi intensitas nyeri ketika haid. Dan mungkin ekstrak daun jambu biji ini lebih ampuh dari obat penghilang rasa sakit.

5. Melancarkan Sistem Pencernaan

article image

Image source: portugalresident.com

Jambu biji merupakan sumber serat makanan yang baik untuk tubuh. Karenanya makan lebih banyak buah jambu biji dapat membantu pergerakan usus jadi tidak mudah sembelit.

Manfaat buah jambu biji ini sudah bisa kamu rasakan dengan hanya mengonsumsi satu buah saja. Sebab dalam setiap buah telah terkandung 12% asupan serat harian yang direkomendasikan.

Dengan rajin mengonsumsi buah jambu biji kesehatan pencernaan akan terjaga dan dapat mengurangi intensitas durasi diare. Ekstrak daun jambu biji bahkan bersifat antimikroba yang dapat menetralkan racun dan bakteri jahat di usus.

6. Membantu Menurunkan berat Badan

article image

Image source: ritabaverage.com

Apakah kamu sedang berencana untuk diet dan menurunkan berat badan? Makan buah jambu biji bisa menjadi camilan sehat.

Jambu biji adalah satu dari sekian makanan yang ramah dan ampuh membantu menurunkan berat badan. Dengan kandungan kalori yang hanya 37 dalam satu buah dan 12% asupan serat harian, buah ini sangat direkomendasikan sebagai camilan sehat.

7. Mencegah Kanker

article image

Image source: sehatq.com

Manfaat buah jambu biji selanjutnya juga dipercaya ampuh mencegah kanker. Penelitian pada tabung reaksi dan hewan menunjukkan jika ekstrak jambu biji mampu mencegah bahkan menghentikan pertumbuhan sel kanker.

Hal ini mungkin saja terjadi mengingat jambu biji tinggi akan antioksidan yang mencegah radikal bebas perusak sel.

Studi lain juga menyebutkan jika ekstrak minyak jambu biji empat kali lebih efektif dalam menghentikan pertumbuhan sel kanker daripada obat kanker lainnya.

8. Meningkatkan Sistem Imun

article image

Image source: indianexspress.com

Kandungan vitamin C pada jambu biji juga bagus untuk meningkatkan sistem imun dan kekebalan pada tubuh. Bahkan kandungan vitamin C pada jambu biji dua kali lipat lebih banyak daripada jeruk.

Sudah bukan rahasia tentunya jika vitamin C sangat bagus untuk menjaga kesehatan dan kekebalan. Mengonsumsi vitamin C yang cukup juga dapat menangkal flu biasa.

9. Baik Untuk Kulit

article image

Image source: skinkraft.com

Manfaat buah jambu biji selanjutnya dipercaya dapat memperbaiki kulit. Kandungan berbagai vitamin dan antioksidan melindungi kulit dari kerusakan, memperlambat proses penuaan, dan mencegah keriput.

Ekstrak jambu biji juga dapat mengobati jerawat ketika dioleskan langsung ke kulit.

10. Baik Untuk Otak

article image

Image source: doctoyou.net

Dan inilah manfaat buah jambu biji kesepuluh, yakni memperbaiki sirkulasi darah ke otak dan dapat menstimulasi fungsi kognitif dan melemaskan sistem saraf pada otak.

Wah, banyak kan manfaatnya untuk tubuh. Jadi masih ragu untuk mengonsumsi buah kecil kaya manfaat ini?


Simak juga info dan tips menarik lainnya di Gotomalls.com, layanan direktori shopping yang menyediakan informasi terlengkap seputar merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event di seluruh pusat perbelanjaan di Indonesia.

Selain itu, kamu juga bisa beli voucher game, bayar token listrik, top up pulsa, hingga belanja produk-produk pilihan terbaik!

Malls

Articles

Featured image source: exporterindia.com