Apa Manfaat Yogurt Untuk Ibu Hamil? Cari Tahu Jawabannya Di Sini

Yogurt yang dikonsumsi ibu hamil bisa memberikan efek ketenangan hingga menjaga kesehatan saluran cerna. Lebih jauh, manfaat yogurt untuk ibu hamil juga diyakini bisa menekan perkembangan negatif pada janin.

Manfaat kesehatan dari olahan susu fermentasi ini ternyata sangat luas. Dibalik cita rasanya yang unik, yogurt mengandung beberapa jenis nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk menunjang pertumbuhan.

Tak terkecuali ibu hamil, kebutuhan nutrisi ekstra untuk mendukung tumbuh kembang janin bisa didapatkan dari yogurt. Berikut penjelasannya:

Yogurt Untuk Ibu Hamil dan Manfaatnya

Yogurt cenderung aman dikonsumsi selama masa kehamilan, tapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika memilih yogurt untuk ibu hamil.

Yogurt yang disarankan untuk ibu hamil baiknya terbuat dari susu pasteurisasi (susu yang sudah matang). Bumil juga sebaiknya mengonsumsi yogurt rendah lemak tanpa bahan penambah rasa.

Kedua, hindari yogurt dengan kandungan pemanis, terutama jika teksturnya sangat kental. Yogurt dengan pemanis dan bertekstur lebih kental umumnya tidak mengandung nutrisi sebanyak yogurt dari susu pasteurisasi. Porsi yogurt untuk ibu hamil sebaiknya tidak lebih dari 3–4 cangkir setiap hari.

Memenuhi Kebutuhan Kalsium

article image

Image source: meramuda.com

Kandungan nutrisi yogurt meliputi vitamin B2, vitamin B12, magnesium, kalium, dan khususnya kalsium. Kalsium yang terkandung dalam yogurt lebih tinggi dibanding susu, terutama yogurt rendah lemak (low fat). Hal ini akan sangat bermanfaat untuk mendukung pembentukan gigi dan tulang pada janin.

Menstabilkan Berat Badan

article image

Image source: miriamstoppard.com

Selama masa kehamilan, berat badan si calon ibu biasanya akan bertambah 11 hingga 16 kg. Berat badan yang kurang atau berlebihan selama kehamilan bisa meningkatkan risiko bayi lahir prematur, sehingga berat badan bumil harus dijaga agar tetap stabil.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menstabilkan berat badan adalah dengan mengonsumsi yogurt sebagai camilan rutin. Pilihlah yogurt rendah lemak dengan sedikit tambahan potongan buah-buahan.

Meminimalisir Risiko Sembelit dan Mencegah Diare

article image

Image source: momjunction.com

Sembelit dan diare adalah keluhan yang sering muncul selama kehamilan, terutama jika ukuran perut sudah mulai membesar. Manfaat yogurt untuk Ibu hamil bisa mengatasi masalah ini.

Kandungan pro biotik dalam yogurt bisa membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan. Dengan rutin mengonsumsi yogurt selama masa kehamilan, risiko sembelit dan diare bisa dicegah dan diminimalisir.

Menurunkan Risiko Komplikasi

article image

Image source: healthline.com

Manfaat yogurt untuk ibu hamil yang tak kalah penting yaitu menurunkan risiko komplikasi kehamilan. Ibu hamil rentan terhadap masalah komplikasi seperti diabetes gestasional, preeklamsia, infeksi vagina, alergi, dll. Kandungan probiotik dalam yogurt juga bermanfaat untuk melindungi ibu hamil dari risiko komplikasi tersebut.

Mengurangi Efek Perkembangan Negatif pada Janin

article image

Image source: timesofisrael.com

Berdasarkan hasil studi terbaru, probiotik dalam yogurt bisa meningkatkan efek perlindungan secara signifikan terhadap paparan merkuri dan arsenik pada ibu hamil. Dengan begitu, efek perkembangan negatif pada janin dan bayi baru lahir bisa diminimalisir.

Dibalik rasanya yang asam manis dan menyegarkan, yogurt bisa memberikan banyak manfaat kesehatan untuk tubuh manusia. Tapi ingat, mengonsumsi yogurt baiknya tidak dilakukan secara berlebihan. Imbangi gaya hidup dengan pola makan sehat dan jam istirahat yang cukup.

Baca juga artikel lainnya tentang ibu hamil di bawah ini:

Articles


Demikianlah beberapa manfaat yogurt untuk ibu hamil. Untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, ikuti terus update artikel terbaru di Gotomalls.com! Platform direktori shopping pertama dan terbesar di Indonesia yang menyediakan informasi terlengkap semua yang ada di mall mulai dari merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event.

Malls

featured image source: fullofplants.com