5 Olahan Alpukat Cocok Untuk Program Diet

Alpukat memang menjadi salah satu buah dengan segudang manfaat yang baik bagi kesehatan. Bahkan bagi kamu yang menjalani program diet, rasanya buah alpukat harus masuk sebagai salah satu menu sehari hari. Hal ini dikarenakan kandungan nutrisi di dalam alpukat mulai dari vitamin B6, C, E, K, dan riboflavin, asam folat, niasin, magnesium, asam pantotenat, dan masih banyak lainnya.

Meskipun sebagian besar kalori di dalam buah alpukat tersebut berasal dari lemak. Namun jenis lemak yang terkandung di dalam alpukat adalah lemak sehat yang mampu mengontrol kadar kolesterol. Selain itu, kandungan lemak sehat ini yang juga membantu menurunkan berat badan dengan cara membuat rasa kenyang bertahan lebih lama. Jadi bisa menurunkan keinginan makan cemilan dan menahan nafsu makan. Tak hanya bisa dimakan langsung, ada banyak olahan alpukat yang bisa menjadi menu dietmu.

Salad Alpukat

article image

Image source: inspiredtaste.net

Ingin mengolah alpukat untuk diet yang mudah dan cepat? Maka kamu bisa mencoba membuat salad alpukat. Menu sehat ini bisa mudah dibuat untuk makan pagi atau camilan sehat. Untuk bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain adalah alpukat matang, paprika dan tomat yang dirajang halus, babycorn (rebus dan potong-potong), serta timun yang direbus. Sedangkan dressingnya, kamu bisa menggunakan sari lemon, madu, daun mint yang dicincang, garam serta merica hitam.

Setelah semua bahan telah dipotong-potong, campur ke dalam satu mangkuk dan kemudian aduk hingga merata. Setelah itu tambahkan saus dressing dan aduk kembali. Sajikan ketika masih segar. Sangat praktis bukan?

Avocado Banana Smoothie

article image

Image source: vegetarianbaker.com

Mencari menu sarapan pagi dari olahan alpukat? Menu simpel dan sehat yang satu ini bisa kamu buat. Kombinasi buah alpukat dan pisang akan sangat lezat dan pastinya mengenyangkan. Siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan seperti alpukat, pisang, yoghurt plain, madu, perasan jeruk manis, dan es batu secukupnya. Campurkan semua bahan dan blender hingga halus dan kemudian sajikan. Jus sehat ini memiliki kandungan kalori total 240 kal dan 70 kal berasal dari lemak. Selain itu terdapat pula kandungan protein, potasium, kalsium, zat besi, sodium, dan vitamin C di dalamnya.

Baca juga rekomendasi artikel lainnya tentang buah alpukat di bawah ini.

Articles

Baked Egg In Avocado

article image

Image source: today.com

Menu makan pagi lainnya yang juga cocok bagi kamu yang sedang menjalani program diet adalah Baked Egg In Avocado atau telur panggang di dalam alpukat. Untuk bahan yang kamu butuh kan antara lain adalah buah alpukat, telur, serta garam dan lada sebagai perasa. Untuk topping bisa opsional, kamu bisa menambahkan ketumbar, feta cheese, bacon, dan daun bawang.

Untuk membuatnya, panaskan microwave hingga suhu 2200C. Belah buah alpukat menjadi dua dan keruk sedikit dagingnya hingga menghasilkan rongga yang besar. Letakkan buah alpukat tersebut di atas loyang dan pastikan jika posisinya bisa berdiri tegak. Kemudian pecahkan telur pada masing-masing alpukat dan bumbui sesuai dengan selera. Panggang selama kurang lebih 15-20 menit.

Avocado Toast

article image

Image source: thespruceeats.com

Olahan alpukat yang satu ini juga sangat mudah dibuat dan cocok untuk menu sarapan yang mengenyangkan. Tak hanya itu saja, kamu juga bisa menjadikannya sebagai camilan sehat maupun makan siang. Pada menu ini, buah alpukat dijadikan topping untuk roti panggang. Bahan-bahan yang dibutuhkan juga mudah, seperti roti gandum atau roti tawar apa pun, telur bisa kamu orak-arik, goreng, rebus, atau poached sesuai selera. Selain itu siapkan pula daun ketumbar cincang, perasan jeruk lemon, paprika merah bubuk, garam serta lada.

Untuk pembuatannya mudah, kamu bisa memanggang roti terlebih dahulu hingga berwarna keemasan. Setelah itu masukkan bahan-bahan lainnya ke dalam mangkuk dan hancurkan, kemudian aduk hingga merata. Kamu bisa menggunakan mixer ataupun garpu. Setelah itu oleskan topping alpukat tersebut pada roti dan kemudian tambahkan topping telur. Resep ini memang sederhana, namun kamu bisa berkreasi dengan menambahkan berbagai topping tambahan lainnya sesuai selera.

Avocado Sorbet

article image

Image source: eatpraypaleo.com

Meskipun sedang diet, kamu masih bisa mencicipi es krim tanpa perlu takut gemuk. Es krim yang satu ini bisa kamu buat sendiri dengan bahan dasar buah alpukat. Jenis es krim seperti sorbet ini bisa kamu nikmati saat cuaca sedang panas ataupun sedang santai. Es krim ini berasal dari sari buah-buahan, dan sama sekali tidak ada tambahan santan maupun susu. Jadi bisa dipastikan jika tingkat kalorinya sangat rendah. Bahan-bahan yang dibutuhkan yaitu buah alpukat matang, pemanis alami, unsweetened almond milk, air perasan jeruk nipis, ekstrak buah, dan celtic sea salt. Semua bahan dapat dilembutkan menggunakan blender dan kemudian dinginkan semalam di freezer.


Selama ini mungkin banyak orang mengira jika diet menjadi salah satu hal yang berat dan cukup menyiksa. Namun kamu tak perlu khawatir, dengan menggunakan diet buah alpukat ini kamu bisa menjalani program diet dengan mudah dan tentunya lezat. Namun tetap imbangi dengan olahraga teratur tentunya sehingga berat badan bisa menurun cepat sesuai dengan target kamu. Dapatkan alpukat yang fresh di supermarket terdekat di kotamu.

Brands

Jangan lupa selalu cek website Gotomalls.com. Di sini kamu bisa temukan ratusan info promo, diskon, kupon, dan event-event yang ada di mall.

Malls

featured image source: charliefoundation.org