Perbedaan Fast Food dan Junk Food

Perbedaan Fast Food dan Junk Food

Selama ini orang banyak mengira jika junk food dan fast food adalah dua jenis makanan yang sama. Padahal kedua istilah jenis makanan tersebut tidak bisa dipertukarkan.

TIdak semua makanan cepat saji buruk untuk dikonsumsi, dan beberapa makanan fast food juga tidak terlalu “cepat”. Perbedaan fast food dan junk food pun mudah dikenali jika kamu paham istilah dan cirinya.

1. Apa Itu Fast Food dan Junk Food

article image

Image source: foodtolive.com

Jika merujuk pada kamus kuliner, fast food dan junk food didefinisikan dengan banyak istilah yang mana intinya adalah:

Fast food adalah jenis makanan dari restoran yang dirancang untuk melayani konsumen secepat mungkin. Sedangkan junk food merupakan makanan dengan nilai gizi yang cukup rendah. Terkadang disebut juga makanan kaya kalori kosong.

2. Fast Food Lebih Bergizi daripada Junk Food

article image

Image source: idntimes.com

Dari penjelasan sebelumnya kita tahu jika perbedaan fast food dan junk food berikutnya terletak pada nilai gizinya. Iya, fast food bisa saja adalah makanan sehat namun bisa juga bukan.

Sebaliknya, junk food sudah pasti adalah makan yang rendah gizi. Alias tidak baik untuk dimakan terus menerus.

Perlu diingat, jika beberapa restoran fast food terkadang juga menyajikan menu junk food. Nama “junk” atau “sampah” yang disematkan pada jenis makanan tersebut lebih mengacu pada nilai gizi suatu produk. Bukan sampah dalam arti sesungguhnya ya.

Kentang goreng dan hampir semua makanan yang digoreng bisa dikategorikan sebagai junk food. Mengapa? Karena jumlah lemak jenuh dalam produk olahan yang digoreng secara signifikan melebihi nutrisi harian. Itu kenapa makan ini disebut rendah nutrisi.

3. Bisakah Fast Food dan Junk Food Jadi Makanan Sehat?

article image

Image source: eatthisnotthat.com

Fast food mungkin bisa, tapi junk food sepertinya tidak bisa dikategorikan lagi sebagai makanan sehat. Itu mengapa perbedaan fast food dan junk food sebenarnya mudah dilihat.

Teori sebelumnya memang menyebutkan jika fast food lebih menyehatkan daripada junk food. Namun tidak berarti kamu bisa setiap hari makan fast food tanpa dilihat kadar gizinya. Apalagi jika kamu makan di McDonald’s.

Untuk bisa mendapatkan makanan sehat yang cepat mungkin kamu bisa memilih makanan seperti salad yang penyajiannya cepat dan tentu baik untuk tubuh. Selain itu kamu juga bisa memilih sushi sebagai makanan cepat saji lainnya yang juga digolongkan sebagai fast food yang menyehatkan.

Sebenarnya masih banyak lagi makanan cepat saji yang dikategorikan makanan sehat. Apalagi saat ini bahan-bahan yang menyehatkan bisa dengan mudah dilihat dengan mata. Misalnya sesuatu yang mengandung sayuran, tidak digoreng, non olahan, menggunakan minyak zaitun, dan masih banyak lainnya.

4. Junk Food Cemilan Populer

article image

Image source: tirti.id

Tidak berarti kamu harus segera meninggalkan junk food. Pasti itu sulit. Bagaimana tidak, junk food merupakan mayoritas jenis camilan paling populer dan mudah ditemukan. Terutama di Indonesia.

Sebut saja gorengan. Sudah pasti jarang ada orang yang bisa menolak bujuk rayu gorengan. Bahkan kentang goreng McD saja selalu jadi incaran.

Namun tidak ada salahnya sedikit demi sedikit kamu mulai mengurangi intensitas mengkonsumsi junk food. Bagaimanapun untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan ideal makanan jenis itu adalah musuh beratnya.


Nah itu tadi beberapa perbedaan fast food dan junk food. Sekarang kamu pasti sudah bisa kan membedakannya? Dan jangan lupa untuk selalu berhati-hati memberi makan tubuhmu dengan hidangan yang benar-benar bernilai. Simak juga info dan tips menarik lainnya dari Gotomalls.com, partner terbaikmu untuk belanja di mall sepuasnya!

Malls

Brands

Articles

Featured image source: freepik.com