Resep Puding Labu Kuning Pas Untuk Rayakan Halloween

Sudah siapkah kamu menyambut perayaan Halloween? Pesta yang diidentikkan dengan hiasan labu kuning ini dirayakan setiap tanggal 31 Oktober. Dalam pesta Halloween, umumnya orang-orang yang merayakannya mengenakan kostum-kostum unik.

Selain pesta kostum, ada banyak hal lagi yang biasanya dilakukan saat perayaan Halloween. Anak-anak akan mendatangi rumah demi rumah sambil menyerukan trick or treat dan rumah-rumah dihias dengan dekorasi menyeramkan bertema hantu. Tak ketinggalan pula, sajian dari bahan labu kuning yang identik dengan perayaan Halloween.

Labu Kuning dan Halloween

article image

Image source: bobo.grid.id

Di Amerika Serikat labu kuning identik dengan perayaan pesta malam Halloween. Biasanya labu kuning dijadikan atribut atau dekorasi dengan tambahan lampu di dalamnya. Atribut labu kuning tersebut diukir menjadi bentuk kepala hantu yang menyeramkan.

Kenapa labu kuning identik dengan Halloween? Ternyata dekorasi labu kuning yang juga disebut dengan Jack-o-lantern ini dipercaya bisa mengusir arwah jahat yang ingin memasuki rumah. Jack-o-lantern sendiri berasal dari dongeng Irlandia yang menceritakan seorang petani kikir
bernama Jack.

Selain hiasan labu kuning, Halloween juga identik dengan sajian dari labu kuning yang lezat. Labu kuning sering diolah menjadi sup hangat, bolu atau jus labu yang manis dan kental sebagai camilan saat pesta Halloween. Di Indonesia sendiri labu kuning sering diolah menjadi puding labu kuning, walaupun perayaan Halloween kurang populer di sini.

Resep Puding Labu Kuning

article image

Image source: youtube

Puding labu kuning dibuat dari bahan utama labu kuning atau waluh. Labu kuning dapat diolah menjadi berbagai macam sajian. Umumnya labu kuning dimasak menjadi sup, kolak, bolu dan lain-lain.

Konon, ide puding labu kuning berawal dari keinginan seorang ibu asal Surabaya yang membuat puding tersebut untuk sang putra, Natan. Ternyata resep puding sederhana tersebut menjadi populer dan sering dijadikan camilan atau hidangan pencuci mulut. Kamu tidak perlu pergi ke Surabaya untuk dapat mencicipi puding lezat ini karena kamu bisa membuat puding labu kuning dengan resep berikut ini.

Baca juga rekomendasi resep lainnya untuk kamu coba di rumah, cek di bawah ini ya!

Articles

Bahan-Bahan Puding Labu Kuning

article image

Image source: kagamatp.com

Sebelum membuat puding labu kuning, ada baiknya kamu mempersiapkan bahan-bahan terlebih dahulu. Bahan-bahan untuk membuat puding labu kuning tidak sulit. Kamu bisa membeli bahan-bahan berikut di pasar swalayan maupun pasar tradisional.

 1 bungkus agar-agar plain

 500 gram labu kuning (kukus dan haluskan)

 200 gram gula pasir

 500 ml santan kelapa

 1/2 sdt bubuk vanili

 2 sdm tepung terigu

 Air secukupnya

Cara Membuat Puding Labu Kuning

Setelah bahan-bahan lengkap, kamu bisa mulai membuat puding labu kuning dengan mengikuti langkah-langkah
berikut.

  1. Campur labu kuning yang telah dihaluskan dengan santan kelapa, aduk rata (bisa dengan blender) hingga tekstur adonan labu menjadi lembut.

  2. Masak campuran labu kuning dan santan kelapa dalam panci dengan api kecil, kemudian masukkan agar-agar dan bubuk vanili sambil diaduk-aduk sampai semua bahan tercampur rata.

  3. Tambahkan sedikit air, garam dan gula sembari aduk rata.

  4. Cairkan tepung terigu dengan 6 sdm air, kemudian masukkan ke adonan dalam panci.

  5. Aduk adonan sampai tercampur rata, angkat dan tuang adonan ke dalam cetakan jika sudah mendidih.

  6. Setelah dituang ke dalam cetakan, masukkan adonan ke dalam lemari es supaya lebih segar dan dingin.

  7. Puding labu kuning siap disajikan untuk keluarga dan enak disantap saat masih segar dan dingin.

Tips Saat Membuat Puding Labu Kuning

Sekilas cara membuat puding labu kuning terlihat mudah ya. Namun ada beberapa hal yang cukup detail yang harus diperhatikan saat membuatnya supaya kamu menghasilkan puding yang lezat. Nah, berikut ini beberapa tips yang bisa kamu coba saat membuat puding labu kuning.

  1. Perhatikan takaran agar-agar saat mencampurnya dengan adonan labu kuning dan santan. Kamu bisa menggunakan perbandingan setiap 7 gram agar-agar untuk maksimal 600 ml santan. Perbandingan yang sama bisa digunakan untuk takaran air atau susu jika tidak menggunakan santan. Takaran yang pas akan menghindari puding menjadi terlalu lembek.

  2. Sebelum menuang adonan ke dalam cetakan puding, sebaiknya basahi dulu cetakan puding yang akan digunakan. Tujuannya adalah agar puding tidak lengket ketika akan diangkat dari cetakan.

  3. Masak adonan labu kuning dengan api kecil, hindari api besar. Memasak adonan dengan api besar akan merusak tekstur lemak pada santan atau susu sehingga menyebabkan penampilan puding menjadi kurang menarik. Aduk adonan secara terus-menerus dengan api kecil agar teksturnya tidak pecah.

  4. Supaya cita rasa puding labu kuning lebih nikmat, kamu bisa menambahkan fla. Kamu bisa membuat fla dari bahan dasar kuning telur, tambahkan esens atau rum agar tidak terlalu amis.


Nah, itu dia resep puding labu kuning dan beberapa hal yang harus diperhatikan ketika memasak puding labu kuning. Camilan ini sangat cocok disantap bersama keluarga, terutama anak-anak karena labu kuning memiliki khasiat untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Selamat mencoba!

Dapatkan semua kebutuhan untuk membuat puding di supermarket-supermarket terdekat di kotamu. Cek lokasinya melalui Gotomalls.com dan dapatkan promo terupdate untuk mendapatkan bahan-bahan yang kamu perlukan.

Brands

Malls

*featured image source: bebeclub.co.id