Mengenal Vitamin

Vitamin A, B, C, D, E, dan K adalah sumber zat gizi yang sangat diperlukan oleh tubuh. Mengonsumsi vitamin membuat metabolisme tubuh berjalan lebih optimal, sehingga kita tidak gampang sakit dan kelelahan.

Tapi tahukah kamu, jika vitamin itu bisa dibedakan berdasarkan proses larutannya. Yaitu vitamin yang larut dalam air dan vitamin yang larut dalam lemak.

Dan kali ini kita akan mengenal macam-macam vitamin yang larut dalam air serta sumber makanannya.

Macam-macam Vitamin yang Larut Dalam Air

article image

Image source: healthline.com

Ada beberapa jenis vitamin yang larut dalam air yaitu Vitamin B kompleks dan Vitamin C.

Vitamin B terdiri dari Vitamin B1 (tiamin), Vitamin B2 (riboflavin), Vitamin B3 (niacin), Vitamin B5 (asam pantotenat), Vitamin B6, Vitamin B7 (biotin), Vitamin B9, Vitamin B12 (cobalamin).

Lantas bagaimana cara membedakan vitamin yang larut dalam air dan lemak?

Vitamin yang larut dalam air lebih mudah dicerna oleh tubuh dan akan langsung menyerap ke peredaran darah. Selanjutnya vitamin ini akan menyebar ke dalam aliran darah.

Sedangkan vitamin yang larut dalam lemak akan melewati sistem limfatik. Yang mana jenis vitamin ini diproses bersama lemak dan apabila lemak dalam tubuh kurang dari jumlah minimal maka penyerapannya pun ikut terganggu.

Vitamin yang larut dalam air sebenarnya bisa dengan mudah kita temukan pada makanan sehari-hari. Seperti jeruk, buncis, tomat, dan brokoli.

Dan berikut ini sumber makanan dengan kandungan vitamin yang larut dalam air.

Vitamin B1

article image

Image source: depositphoto.com

Vitamin B1 biasa disebut juga dengan tiamin. Jenis vitamin ini cukup penting untuk tubuh karena berperan mengubah asupan karbohidrat menjadi energi.

Jika kekurangan Vitamin B1 maka tubuh akan cepat lelah dan tak bertenaga.

Kandungan Vitamin B1 dapat kamu temukan pada daging, telur, kacang-kacangan, gandum utuh seperti sereal, nasi, dan sayur seperti kembang kol dan kentang.

Dengan mengonsumsi Vitamin B1 tubuh akan lebih bugar dan dapat menangkal berbagai penyakit seperti beri-beri, diabetes, dan jantung.

Vitamin B2

article image

Image source: seriouseat.com

Disebut juga dengan riboflavin. Vitamin yang larut dalam air selanjutnya ini bisa ditemukan di susu, roti, daging, telur, kacang-kacangan, serta sayuran hijau.

Vitamin B2 diperlukan tubuh untuk menjalankan fungsi sel secara normal. Kandungan dalam vitamin itu mengubah karbohidrat menjadi adenosin trifosfat menjadi energi dalam otot.

Lantas bagaimana jika tubuh kekurangan Vitamin B2? Kompleks, karena Vitamin B2 banyak mempengaruhi sistem dalam tubuh mulai pencernaan, fungsi otak, hingga peredaran darah.

Vitamin B3

article image

Image source: foodiecrush.com

Sumber vitamin B3 ini bisa dengan mudah kita temukan dalam makanan. Setidaknya ada 12 makanan yang mengandung Vitamin B3.

Adalah jeroan hati, dada ayam, ikan tuna, kalkun, salmon, ikan teri, daging babi, kacang, alpukat, kacang hijau, serta kentang.

Vitamin yang biasa disebut Niasin ini memegang peran penting untuk menjaga metabolisme zat yang diperlukan dalam tubuh, karbohidrat, protein, serta lemak.

Mengonsumsi Vitamin B3 membuat tubuh kuat dalam menangkal racun, menurunkan tekanan darah, dan menyembuhkan migrain.

Vitamin B5

article image

Image source: idntime.com

Adalah Asam Pantotenat. Vitamin yang larut dalam air berikutnya ini cukup mudah ditemukan di semua makanan. Mulai dari yogurt, alpukat, ketela, jamur, hingga brokoli.

Jika sistem pencernaanmu terganggu kemungkinan tubuhmu kurang Vitamin B5.

Vitamin B6

article image

Image source: sehatq.com

Disebut juga piridoksin, vitamin yang larut dalam air berikutnya ini diperlukan tubuh untuk mencegah stres, menjaga daya tahan dari polusi, hingga mengatasi mual pada ibu hamil.

Adapun sumber makanan yang menghasilkan Vitamin B6 secara langsung adalah alpukat, pisang, kacang polong, ubi, wortel, bayam, telur, serta salmon.

Vitamin B7

article image

Image source: aryanto.id

Biotin biasa juga dikonsumsi untuk menutrisi rambut, kuku, dan kulit. Makanya Vitamin B7 ini banyak diburu kaum wanita.

Adapun sumber makanan yang menghasilkan vitamin B7 salah satunya jeroan, ikan, daging, kuning telur, dan produk susu.

Vitamin B9

article image

Image source: healthline.com

Vitamin B9 juga kita kenal dengan asam folat. Biasanya sih banyak kita temukan di buah-buahan segar, hati, usus, daun bayam, dan ragi.

Beberapa sayuran berdaun hijau juga masuk dalam golongan Vitamin B9.

Vitamin B12

article image

Image source: bukalapak.com

Vitamin yang larut dalam air berikutnya ini adalah satu-satunya vitamin yang memiliki unsur logam, kobalt. karena kandungan itulah Vitamin B12 juga sering disebut dengan cobalamin.

Sumber makanan yang mengandung Vitamin B12 termasuk daging, produk susu, makanan laut, dan telur. Lainnya juga bisa ditemukan di hati, jantung, gurita, tiram, dan ikan tuna.

Vitamin C

article image

Image source: runnersworld.com

Yang satu ini pasti tidak asing. Vitamin C adalah satu-satunya vitamin yang larut dalam air dan tidak termasuk dalam kategori Vitamin B kompleks.

Sumber makanan Vitamin C mudah ditemukan di banyak makanan. Bahkan cabai saja mengandung Vitamin C yang cukup tinggi.

Selain itu, kamu juga bisa menemukan kandungan Vitamin C di buah jeruk, jambu biji, kiwi, pepaya, stroberi, brokoli, kembang kol, hingga bayam.


Itulah tadi 9 jenis Vitamin yang larut dalam air serta sumber makanannya. Apakah selama ini kebutuhan vitaminmu sudah terpenuhi?

Simak juga info-info menarik lainnya di Gotomalls.com! Layanan direktori shopping yang menyediakan informasi terlengkap seputar merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event. di seluruh pusat perbelanjaan di Indonesia.

Malls

Articles

featured image source: alodokter.com