Pilihan Olahraga yang Aman untuk Ibu Hamil di Trimester Ketiga

Memasuki trimester ketiga perut ibu hamil akan semakin besar dan membuat gerak menjadi lebih terbatas. Namun di sisi lain itu artinya waktu ibu hamil untuk bertemu buah hati juga semakin dekat. Ada beberapa hal yang harus ibu hamil siapkan, salah satunya adalah menyiapkan kondisi fisik dengan cara berolahraga.

Olahraga akan mendatangkan banyak manfaat untuk ibu hamil di trimester ketiga. Ibu hamil dapat menjaga tekanan darah, kebugaran jantung bahkan menjaga agar mood tetap stabil. Olahraga yang rutin juga akan membuat ibu hamil lebih siap dalam menghadapi proses persalinan.

Namun tidak semua olahraga dapat ibu hamil lakukan untuk menjaga kondisi agar tetap sehat.Ibu hamil harus memilih olahraga yang tepat untuk menghindari risiko yang membahayakan janin. Lalu apa saja olahraga yang aman dilakukan ibu hamil di trimester ketiga? Mari simak daftar olahraga untuk ibu hamil di trimester ketiga berikut ini.

Jalan Kaki

article image

Image source: biblewaymag.com

Kita mulai dari yang paling mudah dulu ya, Moms! Olahraga untuk ibu hamil di trimester ketiga yang aman dilakukan adalah jalan kaki. Olahraga ini akan membantu ibu hamil untuk tetap bugar hingga proses persalinan.

Selain mudah dan murah, berjalan kaki juga mampu melepas stres karena aktivitas menyehatkan ini mendorong produksi hormon endorfin yang membuat suasana hati menjadi lebih baik. Ibu hamil juga akan terhindar dari risiko persalinan prematur yang disebabkan oleh preeklamsia dan mual-mual di pagi hari.

Kabar baiknya lagi, berjalan kaki dapat mengurangi risiko kram, sembelit dan mengurangi varises dan bengkak pada kaki. Sebaiknya ibu hamil memperhatikan jarak tempuh atau rute sesuai dengan kemampuan. Berjalan kaki sekitar 10 hingga 15 menit per hari sebenarnya sudah cukup dan ibu hamil bisa tingkatkan lagi apabila sudah terbiasa.

Nah, yang terpenting adalah jangan memaksakan diri jika sudah merasa lelah ya, Moms! Jangan jalan kaki dengan terburu-buru dan lakukanlah di tempat yang aman. Kenakan pula sepatu yang ringan dan nyaman agar olahraga menjadi lebih efektif.

Yoga dan Pilates

article image

Image source: hellosehat.com

Olahraga untuk ibu hamil di trimester ketiga berikutnya adalah yoga dan pilates. Kedua jenis olahraga ini aman dilakukan dan memiliki segudang manfaat untuk ibu hamil.

Yoga mungkin terlihat mudah, tetapi sebenarnya jenis olahraga ini melatih semua otot utama tubuh. Ibu hamil akan lebih siap menghadapi persalinan dengan otot-otot yang sudah terlatih. Apalagi sekarang sudah banyak kelas yoga dan pilates khusus ibu hamil dengan gerakan-gerakan yang sudah dimodifikasi agar lebih nyaman dilakukan.

Gerakan yoga yang dapat memperlancar persalinan di antaranya adalah easy pose, posisi merangkak, posisi mengangkat panggul, tailor pose dan squat pose. Tidak hanya melatih otot, yoga juga bermanfaat untuk mempersiapkan mental ibu hamil menjelang persalinan karena dapat meredakan kecemasan.

Sementara itu, gerakan pilates akan memperkuat otot perut dan meningkatkan postur tubuh secara menyeluruh. Tentunya hal ini akan berdampak positif bagi kemampuan mengejan saat persalinan. Ibu hamil bisa pilih salah satu di antaranya dan lakukan olahraga dengan arahan instruktur ya!

Berenang

article image

Image source: friso.co.id

Kalau ibu hamil senang melakukan olahraga air seperti berenang, ini akan menjadi kabar baik. Berenang merupakan salah satu olahraga untuk ibu hamil di trimester ketiga yang paling aman dilakukan. Berenang akan melatih otot-otot tubuh dan membantu menghilangkan tekanan berlebih pada sendi.

Ibu hamil bisa berenang di kolam yang berisi air setinggi dada dengan maksud tekanan air bisa menopang berat badan. Lakukan selama 30 menit pada pagi atau sore hari agar tidak terjadi perubahan suhu yang signifikan pada perut. Anda bisa mencoba berenang gaya dada atau gaya punggung dengan santai.

Anda bisa melakukan gerakan back float atau posisi mengambang dengan tangan terentang. Selama mengambang, tarik napas dalam selama 2-3 menit agar tubuh tetap santai. Ibu hamil juga bisa melakukannya dengan sesekali menggerakkan pergelangan kaki untuk melatih otot paha dan punggung bawah.

Angkat Beban

article image

Image source: womensmentalhealth.org

Anda bisa melakukan olahraga angkat beban dengan aman apabila sudah rutin melakukan olahraga tersebut sebelumnya. Saat ini ada banyak contoh influencer yang tetap rutin melakukan olahraga ini setelah memasuki trimester ketiga. Ada baiknya Anda didampingi oleh pelatih profesional selama latihan angkat beban.

Dengan bantuan pelatih profesional, latihan angkat beban yang Anda lakukan akan lebih terprogram. Trainer akan memberikan menu latihan yang sesuai dengan kemampuan dan juga memberikan porsi latihan yang tepat untuk ibu hamil.

Olahraga untuk ibu hamil di trimester ketiga ini belum tentu sanggup dilakukan oleh semua ibu hamil. Maka dari itu, jangan lupa konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelumnya melakukannya ya, Moms!

Senam Hamil

article image

Image source: alodokter.com

Sesuai namanya, senam hamil dirancang untuk para ibu yang sedang mengandung. Olahraga untuk ibu hamil di trimester ketiga ini bertujuan untuk menjaga kebugaran tubuh dan mempersiapkan tubuh ibu hamil dalam menghadapi persalinan.

Dalam melakukan senam hamil, umumnya ibu hamil akan diberikan menu latihan berupa senam kegel. Latihan ini memiliki manfaat untuk memperkuat sekaligus melenturkan otot panggul agar jalan lahir bayi dapat terbuka dengan baik. Nah, apabila jalan lahir bayi terbuka dengan baik, hal tersebut akan memudahkan proses persalinan dan meminimalisasi prosedur episiotomi (menyayat bagian antara jalan lahir bayi dan anus).

Biasanya ibu hamil disarankan untuk melakukan senam hamil secara rutin sebanyak 2-3 kali seminggu. Senam hamil umumnya dilakukan secara berkelompok sehingga Anda bisa mendapat teman untuk berbagi cerita seputar kehamilan.

Baca juga rekomendasi artikel seputar ibu hamil di bawah ini:

Articles


Nah, itu dia olahraga untuk ibu hamil di trimester ketiga yang aman dilakukan. Sebelum mencobanya, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Pilihlah jenis olahraga yang sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan Anda. Ikuti terus update artikel terbaru di Gotomalls.com! Platform direktori shopping pertama dan terbesar di Indonesia yang menyediakan informasi terlengkap semua yang ada di mall mulai dari merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event.

Malls

featured image source: freepik.com